Minta Industri Produksi Alkes hingga Obat, Menko Luhut Pasang Badan soal Perizinan

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Senin 30 Agustus 2021 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 320 2463259 minta-industri-produksi-alkes-hingga-obat-menko-luhut-pasang-badan-soal-perizinan-kDwB4DLXgm.jpg Menko Luhut soal Produksi Dalam Negeri (Foto: Kemenko Marves)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menekankan kepada seluruh pelaku industri untuk proaktif dalam melakukan produksi dalam negeri khususnya sektor kesehatan.

“Kami mengimbau semua industri untuk proaktif untuk produksi membuat berbagai alat dan obat dalam negeri. Kami dukung semua pembuatan dalam negeri, masalah perizinan dan lainnya akan terus kami bantu,” kata Luhut dalam pembukaan webinar virtual, Jakarta, Senin (30/8/2021).

Luhut menjelaskan, produksi vaksin dalam negeri juga harus terus didorong agar vaksinasi dapat berjalan lebih maksimal.

“Kita memiliki pasar yang begitu besar, kita harus manfaatkan ini demi mampu masuk ke global supply-chain, kita bisa buat contohnya di Morowali, agar lebih efektif dan menjadikan negeri ini sebagai sub sektor kesehatan,” katanya.

Industri Batang yang sedang dikembangkan diharapkan mampu menarik minat industri dalam negeri agar terus dikembangkan, dan seluruh kebutuhan yang dapat diberikan oleh Pemerintah akan terus diberikan demi jalannya produksi dalam negeri ini.

“Semua ini sudah terbuka, perekonomian Indonesia yang kini juga terus berkembang harus kita dukung dengan ketahanan kesehatan kita, Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki karakteristiknya sendiri, kita harus memiliki strategi yang sesuai dengan karakteristik kita, kita fokus ke sana dan bangun negeri kita dengan karya,” katanya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan dukungannya dalam pembelian dalam negeri harus diprioritaskan dari hulu ke hilir.

“Kita semua harus bahu membahu, harus bekerja sama demi pembelian alat kesehatan mandiri di Indonesia,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini