5 Aturan Baru Dine In, Kapasitas Jadi 50% hingga Makan Dibatasi 30 Menit

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 31 Agustus 2021 07:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 320 2463640 kapasitas-dine-in-jadi-50-makan-dibatasi-30-menit-0gDMbTXzhe.jpg Aturan Makan di Warteg selama PPKM Level 3. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah mengizinkan kegiatan makan atau minum di tempat umum dengan kapasitas hingga 50%. Hal ini diputuskan setelah pemerintah memperpanjang kembali masa PPKM.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) sekaligus Koordinator PPKM Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, untuk kapasitas dine in atau makan di tempat disesuaikan menjadi 50 %.

"Pada Minggu ini kita akan melakukan beberapa penyesuaian aktivitas antara lain pertama penyesuaian kapasitas dine in Dine-in di mal kini menjadi 50% dan waktu jam operasional mal diperpanjang hingga 21.00," kata Luhut, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga: Kembali Dilonggarkan, Mal Buka hingga Pukul 21.00 dan Dine In Bisa 50%

Adapun regulasi pelaksanaan kegiatan makan minum di tempat umum yang diatur oleh inmendagri di antaranya :

1) Warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan Pukul 21.00 waktu setempat dengan maksimal pengunjung makan 50% (lima puluh persen) dari kapasitas dan waktu makan maksimal 30 (tiga puluh) menit.

Baca Juga: Ada Mal Dijual Rp450 Miliar, Ini Penjelasan APPBI

2) Restoran/rumah makan, kafe dengan lokasi yang berada dalam gedung/toko tertutup yang berada pada lokasi tersendiri hanya menerima delivery/take away dan tidak menerima makan di tempat (dine-in).

3) Restoran/rumah makan, kafe dengan area pelayanan di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan Pukul 21.00 waktu setempat dengan kapasitas maksimal 50% (lima puluh persen), satu meja maksimal 2 (dua) orang, dan waktu makan maksimal 30 (tiga puluh) menit.

4) Terkait aturan teknis regulasi 1-3 dapat diatur regulasinya oleh Pemerintah Daerah

5) akan dilakukan uji coba protokol kesehatan untuk outlet restoran/rumah makan, kafe dengan lokasi yang berada dalam gedung/toko tertutup yang berada pada lokasi tersendiri di Provinsi DKI Jakarta, Kota Bandung, dan Kota Surabaya dengan ketentuan sebagai berikut:

a) Dapat menerima makan di tempat (dine in) dengan kapasitas maksimal 25% (dua puluh lima persen), satu meja maksimal dua orang, dan waktu makan maksimal 30 (tiga puluh) menit dengan mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Kesehatan.

b) Wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai.

c) Daftar perusahaan yang akan mengikuti uji coba ini ditentukan oleh Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini