Share

Menko Luhut: Bahu Membahu Bangun Citarum Harum Proyek Kemanusiaan

Azhfar Muhammad, MNC Portal · Selasa 07 September 2021 19:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 320 2467677 menko-luhut-bahu-membahu-bangun-citarum-harum-proyek-kemanusiaan-RSAw0IQFna.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan datangi proyek citarum (Foto: Dokumentasi Kemenko Marves)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengecek progres pengendalian pencemaran dan kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Luhut mengatakan pentingnya Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah bersama masyarakat dalam menyukseskan program Citarum.

"Program ini sudah berjalan dengan maksimal, saya ingin apresiasi semua pihak yang telah bahu membahu menjadikan Citarum Harum ini berhasil dan ini proyek kemanusiaan," kata Menko Luhut melalui keterangan yang diterima MNC News Portal Indonesia, Selasa (7/9/2021).

Baca Juga: Tanggul Citarum Retak, Warga Bekasi Dihantui Banjir Besar

Menurut Luhut Sungai Citarum Harum bisa menjadiakan Sungai Citarum yang dulu terkenal kotor dapat kembali bersih dan bermanfaat bagi pertanian, air baku dan dapat dinikmati untuk kehidupan.

“Saya harap bantaran sungai yang telah dibersihkan ini bisa menjadi tempat yang dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat rekreasi namun tetap memperhatikan kebersihan sungai," ujar Menko Luhut.

Baca Juga: Terpeleset Saat Akan Buang Air, 2 Bocah Tewas Tenggelam di Sungai Citarum Pebayuran Bekasi

Pada kesempatan yang sama, Menko Luhut juga mengapresiasi leadership dan kerja keras Gubernur Jabar beserta TNI Polri dan jajarannya untuk dapat menekan penyebaran COVID-19 yang hingga saat ini sudah menunjukkan hasil yang sangat baik.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Kita harus jadikan generasi penerus kita sebagai tumpuan, jangan sampai mereka terkendala gizi dan kesehatan karena sungai kita yang tercemar dan ini harus terus ada kemajuannya," ungkapnya.

Ditambahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bahwa pada tiga tahun lalu Sungai Citarum masuk kedalam kategori tercemar berat.

“Dulu ini sangat tercemar dan kini kita sudah berstatus cemar rendah, menunjukkan beberapa hasil kegiatan diantaranya terkait penanganan kualitas air, sampah dan limbah industri, juga ditunjukkan hasil nyata dari rehabilitasi DAS Citarum dimana beberapa lokasi telah berubah drastis dan menjadi kawasan rekreasi yang diminati masyarakat," pungkas Ridwan Kamil.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini