Investasi Apa Dapat Cuan Besar tapi Risiko Kerugian Kecil?

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 09 September 2021 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 622 2468678 investasi-apa-dapat-cuan-besar-tapi-risiko-kerugian-kecil-5eRrmdroGN.jpg Tips Investasi dengan Risiko Kerugian Kecil. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Anak muda atau milenial mulai rajin berinvestasi saat ini. Namun masih banyak yang hanya mengejar cuan atau keuntungan dari investasi tersebut.

Brinvestasi sebenarnya menjadi salah satu pilihan untuk mengatur keuangan. Hanya saja ketika berinvestasi, harus siap dengan berbagai risiko yang ada selain tentunya cuan yang didapat.

“Banyak banget pertanyaan investasi apa yang paling gede cuannya, mba Prita? ke DM aku. Karena yang dicari cuannya, maka banyak yang langsung deh terjun ke saham, aset kripto, dan lainnya, tanpa tahu potensi cuan dan risikonya,” tulis Perencana keuangan dan CEO Zap Finance Prita Hapsari Ghozie di akun Instagram pribadinya @pritaghozie, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Cara Membayar Pajak Motor Online

Prita menjelaskan, ada pilihan lain jika Anda ingin cuan dengan risiko yang lebih kecil dari saham. Adapun pilihan tersebut, yakni Surat Berharga Negara (SBN) Ritel.

“SBN Ritel adalah instrumen investasi yang diterbitkan oleh Pemerintah RI. SBN Ritel yang dikelola secara konvensional yaitu ORI dan SBR. Sedangkan, Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel yang Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan,” jelas dia.

Baca Juga: 7 Cara Atur Keuangan di Tengah Pandemi, Bawa Bekal ke Kantor

Lanjutnya, banyak keuntungan yang akan didapat jika berinvestasi di SBN Ritel. Prita menuturkan, saat ini pemerintah RI juga sedang menawarkan Sukuk Ritel seri 015 yang memberikan kupon hasil 5,1% per tahun.

“Jika kamu berinvestasi di SBN Ritel, maka kamu akan mendapatkan jaminan atas modal investasi dari Pemerintah RI, imbal hasil setiap bulan yang dibayarkan langsung ke rekening kamu (kaya gajian pasif), dan rasa bangga karena ikut serta dalam program pembiayaan pembangunan negara,” ujar Prita.

Kemudian Prita menerangkan, jika ingin mendapatkan imbal hasil Rp1 juta pertama dari investasi, maka Anda harus membeli SBN Ritel sejumlah Rp25 juta.

“Nah, jika kamu ingin dapat imbal hasil Rp1 juta pertama dari investasi, maka belilah SBN Ritel sebanyak Rp25 juta,” terang dia.

Namun, apabila Anda belum bisa mendapatkan cuan Rp1 juta per tahun, maka Anda bisa memulai dari berapa pun kemampuan finansial yang ada.

“Tenang aja #temanPrita, jika cuan Rp1 juta/tahun belum bisa kita dapatkan, maka mulai saja dari berapa pun kemampuan finansial kita. Setelah melakukan pemesanan SBN Ritel, jangan lupa untuk membayar pesanan agar memastikan slot milik kamu,” tandas Prita. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini