Sistem Listrik PON Papua Tak Ada 'Kedip' meski Terjadi Gangguan

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Minggu 12 September 2021 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 12 320 2470139 sistem-listrik-pon-papua-tak-ada-kedip-meski-terjadi-gangguan-iQQJzjyo1K.jpg PON Papua. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT PLN (Persero) menggelar simulasi kelistrikan anti padam, sebagai antisipasi gangguan dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2-15 Oktober 2021 

Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara Syamsul Huda mengatakan, simulasi kelistrikan dilakukan untuk melihat kesiapan PLN dalam menghadapi gangguan saat pelaksanaan PON, salah satunya di lokasi Mimika Sport Complex (MSC), Kabupaten Mimika.

"Kami simulasikan jika sistem listrik dari PLN itu padam, backup-nya sudah bisa jalan, ada UPS dan Mobile Genset yang kita pasang, sehingga praktis tidak ada kedip saat terjadi gangguan pada sistem kelistrikan PLN,” ujar Huda dalam keterangan keterangan tertulis, Minggu (12/9/2021).

Baca Juga: Menko Polhukam: Masyarakat Papua Diharapkan Dapat Menyukseskan PON 2021

Huda menjelaskan, pelaksanaan simulasi dimulai dari keadaan normal dengan beban venue disuplai oleh jaringan listrik yang ada. Kemudian petugas yang bersiaga pada Load Break Switch Three Ways memadamkan suplai listrik ke venue guna membuat seolah-olah terjadi gangguan pada sistem kelistrikan.

Kondisi ini menyebabkan suplai listrik instalasi venue secara otomatis diambil alih oleh baterai Uninterruptible Power Supply (UPS), sebelum akhirnya genset beroperasi secara otomatis mengalirkan listrik ke venue. "Dengan cara ini listrik pada venue tidak mengalami kedip atau padam," jelas Huda.

Baca Juga: Jelang PON Papua, Mahfud MD Minta Aparat Mantapkan Rencana Pengamanan

Sistem suplai backup dengan Mobile Genset dan UPS digunakan di sebagian besar venue PON XX Papua. Sistem ini digunakan untuk menjaga instalasi penting yang tidak boleh terjadi padam, seperti lampu penerangan dan videotron.

Huda menambahkan, dari kesiapan jumlah personel pengamanan kelistrikan PON XX Papua, PLN akan menyiapkan 1.574 petugas yang tersebar di empat klaster penyelenggara.

"Kami akan mengirimkan tambahan personil dari unit-unit di sekitar Papua, khususnya Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara agar semua mengirimkan petugas ke Papua untuk membantu pelaksanaan PON XX," kata Huda.

Dia optimis PLN mampu melayani kebutuhan listrik untuk PON XX ini dengan baik. Terkait kondisi saat ini, Huda juga memastikan bahwa seluruh personil dalam keadaan sehat saat bertugas nanti.

"Ini karena musim pandemi, saya pastikan seluruh operator PLN yang menjaga kelistrikan selama pelaksanaan PON dalam kondisi yang sehat walafiat. Kami memiliki prosedur kesehatan yang ketat, bahkan tim kesehatan khusus sebagai pendamping operator, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran bagi pihak-pihak lain yang terlibat di lapangan," tuturnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini