5 Hal Penting Siapkan Cover Letter saat Melamar Pekerjaan

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Minggu 12 September 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 12 622 2470050 5-hal-penting-siapkan-cover-letter-saat-melamar-pekerjaan-ZGSWhFKQrp.jpg Tips Melamat Kerja. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Calon pekerja perlu mempersiapkan beberapa berkas sebelum melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Salah satu syarat yang harus disiapkan dengan baik adalah cover letter.

“Cover letter adalah surat pengantar yang kamu tunjukan untuk orang, organisasi, atau perusahaan yang membuka lamaran kerja,” tulis Instagram @prakerja.go.id, Minggu (12/9/2021).

Dalam mempersiapkannya, ada lima hal penting yang perlu dicantumkan dalam membuat cover letter. Pertama, tuliskan dengan singkat, bagaimana pelamar bisa mengetahui lowongan kerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Hore! Erick Thohir Buka Lapangan Kerja Sebanyak-banyaknya di BUMN

Tulislah secara singkat dan jelas alasan mengetahui lowongan pekerjaan tersebut. Sebab, rekruter tidak mempunyai banyak waktu untuk membaca tulisan yang terlalu panjang.

Kedua, apa yang membuat pelamar tertarik dengan perusahaan dan posisi yang dilamar. Bagian ini bisa dijelaskan berisi suatu hal yang dikaitkan kemampuan pelamar kuasai dengan posisi yang dibutuhkan perusahaan yang dilamar.

Baca Juga: Sempat Nganggur Lama, Berikut Tips Jawab Pertanyaan Wawancara Kerja

Ketiga, jelaskan kenapa pelamar adalah kandidat yang cocok untuk posisi tersebut. Sesuaikan dengan kemampuan dan ketentuan serta syarat yang diminta oleh pihak perusahaan agar rekruter jadi lebih tertarik kepada pelamar.

Keempat, bagaimana cara menerapkan skills yang pelamar miliki untuk perusahaan tersebut. Jelaskan kontribusi apa yang bisa diberikan untuk perusahaan sesuai dengan skills/kemampuan pelamar. Sebisa mungkin tidak bertentangan dengan posisi yang dibutuhkan perusahaan tersebut.

Kelima, cantumkan nomor telepon atau email agar bisa dihubungi untuk wawancara.Jangan lupa untuk cantumkan nomor telepon dan alamat email sebagai wadah rekruter bisa menghubungi saat proses panggilan wawancara.

Perlu diingat bahwa cover letter ini digunakan sebagai surat pengantar yang ditujukan untuk orang, organisasi, atau perusahaan yang membuka lamaran kerja. Sedangkan, bagi rekruter memiliki fungsi untuk menyaring pelamar dan menyeleksi kandidat yang paling sesuai dengan spesifikasi lowongan dan selanjutnya akan diwawancarai.

Selain itu, karena penting bagi pelamar untuk memperkenalkan diri secara singkat kepada rekruter, sebelum menjelaskan pengalaman dan pencapaian dalam CV dan portofolio.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini