Total Hadiah Rp 2,5 Miliar, Ini Alasan Anak Muda Indonesia Wajib Ikut Wirausaha Muda Mandiri

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Selasa 14 September 2021 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 11 2470973 total-hadiah-rp-2-5-miliar-ini-alasan-anak-muda-indonesia-wajib-ikut-wirausaha-muda-mandiri-F1nTPdEixd.jpg Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas, Aktor/Produser dan Juri WMM Lukman Sardi, Owner Noonaku Signature dan Juri Perwakilan Alumni WMM Florentina Jeanne Sutanto. (Foto: MPI)

Jakarta - Wirausaha Muda Mandiri (WMM) tahun 2021 resmi dimulai.Hadiahnya pun sangat fantastis, yaitu total senilai Rp2,5 miliar. Ajang kompetisi yang mengusung tema ‘Livin The Dream” ini tentu menjadi sebuah kesempatan emas bagi anak muda di seluruh Indonesia untuk turut ambil bagian. Para pemenang akan mendapat suntikan modal untuk mengembangkan usaha, selain itu juga mendapatkan berbagai kesempatan pembinaan dan pelatihan, memperluas koneksi bisnis, hingga kesempatan mempromosikan usaha sampai di kancah internasional.

Pada penyelenggaraan WMM 2021 ini berbagai inovasi dilakukan Bank Mandiri selaku inisiator ajang kompetisi favorit pelaku usaha muda di Indonesia ini. Inovasi tersebut antara lain dengan mengubah system penjurian Awarding menjadi Capital League di mana peserta yang lolos ke tahap Nasional dapat menentukan sendiri hadiah sebanyak-banyaknya.

“WMM 2021 sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Jadi tahun ini pertama kali kita menerapkan sistem penjurian Capital League untuk memperebutkan investor,” kata Rohan Hafas, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri dalam Kick Off Wirausaha Muda Mandiri yang digelar secara virtual langsung dari Plaza Mandiri, Jakarta (13/9).

Secara garis besar, setelah peserta yang memenuhi syarat terjaring dan mengikuti pelatihan selama masa inkubasi, tahapan berikutnya adalah presentasi bisnis di depan juri dan calon investor. Para peserta akan di-challenge untuk menunjukkan bahwa konsep mereka lah yang terbaik. Seperti dijelaskan Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha.

“Para peserta akan akan bertarung di depan para juri Nasional dan nanti akan ada pemenang utamanya dari masing-masing kategori. Mereka meng-convince dan mempertahankan konsep bisnis mereka. Mereka berkompetisi untuk menunjukkan bahwa bisnisnya lah yang terbaik sehingga mereka pantas mendapatkan reward yang setinggi-tingginya,” tuturnya.

Perbedaan mendasar lainnya, yaitu terletak pada kategori penjurian, WMM tahun ini terdapat dua kategori Business Existing dan Business Plan. Sehingga, kesempatan ini tidak hanya terbuka untuk anak muda yang sudah memiliki usaha tetapi juga bagi yang baru merancang model bisnis usaha juga dapat mendaftarkan diri. Perubahan konsep itu dilakukan sebagai bagian dari inovasi dalam menyiasati situasi pandemi.

“Kami mengubah konsep WMM tahun ini dengan konsep baru dalam penetapan kategori kompetisi, yaitu kategori Business Existing dan Business Plan. Kedua kategori ini sifatnya tantangan challenge, ” tutur Rohan.

Kategori Business Plan akan menjaring 20 pemenang untuk diberi pelatihan secara intensif dalam masa inkubasi. Sedangkan kategori Business Existing memilih 60 peserta kemudian dipilih lagi menjadi 15 orang dan dipilih lagi menjadi 5 peserta untuk mengikuti semacam kawah candradimuka di dua tempat, yaitu Bali dan Jakarta. "WMM menjadi ajang kompetisi yang ditunggu-tunggu. Ini ajang anak-anak muda untuk jadi lebih kreatif," kata Rudi.

 

Caption : Mengusung tema 'Livin The Dream’, Bank Mandiri kembali menggelar WMM untuk ke-15 kalinya dengan total hadiah Rp 2,5 Miliar. Foto MNC Portal Indonesia

Sedangkan persyaratan untuk lolos menjadi peserta kategori Business Existing antara lain sudah memiliki bisnis dan berjalan empat tahun dengan jejak keuangan yang sehat dan omzetnya paling tidak Rp1 miliar. Mekanismenya, setelah peserta yang memenuhi syarat terjaring dan mengikuti pelatihan selama masa inkubasi, mereka akan mempresentasikan bisnis di depan juri dan calon investor.

"Semakin mereka bisa meyakinkan investor mampu memberikan keuntungan maka akan semakin besar peluang mendapatkan akses modal. Plafon hadiah mereka sendiri yang tentukan," katanya.

Ada pun bidang bisnis yang dikompetisikan terdiri dari lima kategori, yaitu Industri Perdagangan dan Jasa, Boga, Kreatif, Sosial, dan Teknologi. Dengan menentukan dua Business Plan dan Business Existing, WMM tahun ini ditargetkan dapat menjaring 3.000 peserta dari usia 18-35 tahun.

Seleksi kompetisi WMM bagi pengusaha muda akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal registrasi melalui akses website www.wirausahamandiri.co.id selama satu bulan yakni mulai 13 September hingga 12 Oktober 2021. Setelah itu, akan dilakukan seleksi administrasi, asesmen, validasi dan penjurian regional pada 12 - 23 Oktober mendatang.

Ajang kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2021 tidak sekadar memberi hadiah berupa uang untuk modal memperbesar bisnis. Banyak sekali hadiah lain yang tidak bisa dinilai dengan uang, mulai dari publisitas dan akses permodalan, terbukanya jaringan bisnis yang sangat luas, meningkatnya kreadibilitas, hingga koneksi yang terbangun baik dengan investor maupun calon pelanggan. Berbagai kemudahan dan manfaat itu tersebut dirasakan langsung oleh alumni WMM Florentia Jeanne Sutanto yang juga owner Noonaku Signature.

"Saya bisa seperti sekarang, terkoneksi dengan banyak orang potensial, berkat ikut WMM. Dengan tekad yang kuat siapapun bisa bisa memulai usaha tanpa modal. Jangan cuma mengincar hadiah, koneksi juga penting," kata Florentia Jeanne Sutanto yang didapuk menjadi salah satu Juri WMM 2021.

Bagi Florentia, WMM merupakan pertama dan satu-satunya kompetisi yang pernah dia ikuti. "Saya alumnus WMM 2016, namun sampai sekarang WMM terus membina," kata perempuan yang bergerak di bidang penyedia sandang murah berkualitas ini.

Pada kesempatan itu, perempuan yang akrab disapa Flo ini juga memberikan tips bagi anak-anak muda yang ingin sukses menjadi pengusaha muda seperti dirinya. Pertama, kata Flo adalah konsisten dan berkarakter karena sekarang generasi muda sering latah.

“Karena sosial media yang ini sukses terus aku mau ikut-ikutan. Terus yang ini bisnis gak jalan, langsung nyerah pindah lagi ke pindah bisnis B. Jadi bisnis itu terkait konsistensi jadi gak boleh ikut-ikutan orang karena makanya kenapa Bank Mandiri kasih waktu 4 tahun karena Bank Mandiri karena mau lihat durable atau daya tahan kamu bagus apa enggak. Berikutnya adalah berkarakter, kesuksesan itu akan bawa kalian ke puncak tapi yang membuat kalian bertahan itu adalah karakter,” tuturnya penuh semangat.

Selain Florentina, WMM 2021 melibatkan para juri yang merupakan profesional muda berprestasi dan para expert di bidangnya, antara lain Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, aktor senior dan produser Lukman Sardi, Chef YouTuber William serta para juri prominen lainnya. Lukman Sardi mengatakan WMM merupakan ajang yang luar biasa dan dia berharap dari ajang kompetisi ini akan memunculkan bisnis-bisnis inovatif yang memberi dampak positif tidak hanya bagi Indonesia tapi juga dunia.

"Dengan menjadi peserta di ajang ini, Bank Mandiri akan membina untuk terus meningkatkan kapasitas. Bagi saya ini luar biasa sekali. Buatlah bisnis yang luar biasa. Keluarlah dari comfort zone," kata pemeran K.H. Ahmad Dahlan di film Sang Pencerah ini.

WMM merupakan wujud konsistensi Bank Mandiri dalam menebar inspirasi berwirausaha kepada generasi muda dengan mendorong lahirnya bibit-bibit unggul wirausaha muda yang kreatif, inovatif, dan dapat berkontribusi aktif untuk perekonomian Indonesia. Untuk itu, Lukman Sardi mengajak anak-anak muda untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. "Jangan putus asa, terus berproses, tak ada ang instan di dunia ini," katanya.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan WMM tahun ke-15, dan menjadi tahun kedua dihelat di tengah masa pandemi. Seperti tahun sebelumnya, seluruh rangkaian dan teknis kegiatan WMM 2021 akan dilakukan secara hybrid dengan tetap mengikuti penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Sejak pertama kali digelar pertama kali pada tahun 2007, WMM menjadi salah satu ajang bergengsi favorit yang telah mewadahi ribuan pelaku usaha usia muda. Tercatat, 50.000 wirausaha muda dari seluruh Indonesia telah menjadi bagian dari komunitas ini, baik sebagai juara, finalis, maupun peserta.

Kabar baiknya lagi, WMM ini terbuka bagi para alumni yang telah mengikuti tahun-tahun sebelumnya.

So tunggu apalagi, jika kamu memiliki ide bisnis yang original, memberi dampak bagi diri kamu maupun lingkungan, unik, bersedia untuk mengikuti inkubasi dan pembelajaran, memiliki attitude yang baik, maka kamulah kandidat pemenang WMM 2021.

Daftar sekarang juga di sini hingga 12 Oktober 2021. Lets livin the dream!

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini