Ekonomi China hingga AS Pulih, Jokowi Minta Ekspor Sebanyak-banyaknya

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 320 2471672 ekonomi-china-hingga-as-pulih-jokowi-minta-ekspor-sebanyak-banyaknya-rljaJbCDlL.jpg Jokowi Minta Ekspor Digenjot (Foto: BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pandemi Covid-19 harus dijadikan momentum untuk transformasi ekonomi Indonesia.

Jokowi menyebut ekonomi Indonesia memiliki peluang tumbuh lebih tinggi karena potensi pasar ekspor masih terbuka lebar.

Apalagi perekonomian beberapa mitra dagang Indonesia mulai pulih, sehingga menurut Jokowi harus dimanfaatkan dengan menggenjot ekspor sebanyak-banyak.

“Mitra dagang kita juga mulai pulih pada kuartal II tahun 2021. China tumbuh 7,9% year on year. Amerika Serikat tumbuh 12,2%, Jepang tumbuh 7,6% dan India bahkan tumbuh 20,1%. Peluang ini harus kita manfaatkan untuk mendorong peningkatkan ekspor sebanyak-banyaknya,” kata Jokowi dalam acara UOB Economic Outlook, Rabu (15/9/2021).

Selain itu, Jokowi mengatakan bahwa investasi juga akan tumbuh lebih tinggi dengan berbagai reformasi struktural yang banyak memberi kemudahan berusaha. Di mana pemerintah telah melakukan reformasi perizinan dan sudah mulai berjalan melalui online single submission (OSS) berbasis risiko.

“Sehingga menciptakan iklim investasi yang semakin menarik. Saya mengajak Bapak Ibu secara sigap memanfaatkan semua peluang ini. Kesehatan masyarakat terjaga dan perekonomian tumbuh secara berkelanjutan dan merata,” ujarnya.

Dia juga mengajak dunia perbankan dan para pelaku usaha untuk segera melakukan ekspansi.

“Segera mengucurkan kredit dan segera menggiatkan dunia usahanya,” katanya.

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini