15 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Hafid Fuad, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 455 2471636 15-peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing-qOYoIR5Ed8.jpg 15 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - 15 peluang usaha yang belum banyak pesaing, menjadi rekomendasi merintis usaha baru. 15 peluang usaha ini menjadi ide baru dalam mengelola bisnis nantinya.

Dengan membuka usaha yang belum banyak pesaing, ini juga peluang mendapat pasar sebanyak-banyaknya.

Berikut peluang bisnis yang masih jarang diketahui orang, dikutip dari berbagai sumber, Rabu (15/9/2021): 

1. Usaha Kuliner Khas Negara Asing

Usaha kuliner salah satu yang paling menjanjikan saat ini di tengah minat belanja masyarakat yang lemah.

Sebagian orang sering bingung bila ingin mendapatkan variasi menu makanan. Nah salah satunya adalah mencari menu khas negara asing. Terlebih bila sudah pernah pergi ke negara tersebut dan kini kangen ingin mencobanya kembali tanpa harus bepergian jauh.

Contohnya seperti menu negara Jepang, China, Thailand, Arab, Turki, Korea dan lain sebagainya. Negara-negara tersebut diakui banyak orang memiliki makanan khas.

Baca Juga: Sulap Limbah Sisik Ikan Jadi Aksesoris Menarik, UMKM ini Raup Omzet Puluhan Juta

Karena itu terbuka kesempatan bila Anda mampu memasak menu khas negara asing tersebut. Jadi tidak ada salahnya bagi Anda untuk membuka usaha rumah makanan khas berbagai negara. Misalnya seperti makanan kimchi dari Korea maupun Ramyeon dari Jepang.

2. Jasa Cetak 3 Dimensi

Dengan perkembangan teknologi sangat pesat membuat kita tidak hanya bisa mencetak dua dimensi saja, tetapi sudah dapat mencetak dalam bentuk 3 dimensi. Peluang bisnis ini masih jarang, dan dapat dibuka di berbagai tempat

Anda dapat membuka jasa layanan pembuatan prototipe, arsitektur bangunan, mesin otomotif, dekorasi rumah, custom detail perhiasan, bisa juga mainan yang disesuaikan dengan permintaan klien.

Namun, untuk memulai bisnis ini memang cukup mahal, karena modal untuk membeli mesin printer 3D juga sangat mahal.

3. Jasa Pembuatan dan Editing Konten

Perkembangan profesi youtuber ataupun blogger membuat pelakunya selalu rutin menghasilkan konten video dan artikel. Mereka harus menghasilkan konten yang menarik supaya dapat dikenal banyak orang.

Peluang pembuatan konten termasuk editing di dalamnya sangat diperlukan saat ini.

Baca Juga: Bisnis Nama Bayi, Gadis 19 Tahun Raup Cuan Miliaran Rupiah

Karena yang tidak memiliki waktu, bisa memanfaatkan jasa pembuatan konten dari Anda.

Peluang usaha ini sangat prospektif karena semakin banyak pengguna internet di Indonesia dan ini berarti besarnya pasar di industri internet tersebut

4. Rental Perlengkapan Videografer

Platform YouTube menjadi peluang bisnis yang menarik bagi sebagian orang. Tapi tidak harus menjadi youtuber, karena kebutuhan pendukung seorang youtuber juga dapat Anda lirik sebagai peluang bisnis.

Contohnya seperti rental perlengkapan video profesional untuk perekaman konten YouTube.

Umumnya bagi para youtuber pemula kesulitan dalam membeli perlengkapan rekaman yang memiliki harga yang relatif mahal.

Oleh karena itu, Anda bisa menawarkan jasa sewa atau rental perlengkapan tersebut, tentunya dengan jaminan seperti KTP, KK atau SIM.

5. Jasa Kru YouTuber Profesional

Bisnis konten YouTube masih tetap akan prospektif hingga beberapa waktu kedepan. Anda harus memiliki perspektif yang berbeda dalam memanfaatkan YouTube.

Tidak hanya membangun channel dan menjadi seorang youtuber saja. Bahkan Anda dapat menjadi kru dan pendukung dalam video yang dibuat oleh youtuber.

Jasa yang Anda tawarkan tentunya profesional dan memiliki perjanjian bisnis yang mengikat. Karena ada banyak video YouTube yang mengharuskan untuk melakukan settingan.

6. Rental Lokasi Foto Unik

Tren foto selfie di Instagram sangat digemari anak muda milenial. Mereka membutuhkan latar belakang foto yang unik dan berbeda dari biasanya.

Oleh karena itu, Anda dapat membuka studio foto dengan latar belakang unik untuk menjawab peluang bisnis tersebut.

Tentukan tema masing masing ruangan, seperti ruangan 1 bertema kebun binatang, tema kartun marvel, tema anime, tema politik dan sebagainya.

Sayangnya bisnis ini butuh modal yang cukup besar untuk menyewa ruangan yang memiliki sekat.

Namun, apabila Anda memilih tempat yang strategis, dan target pengunjung yang tepat, yakinlah ini akan menjadi peluang bisnis yang menggiurkan.

7. Konsultan Keamanan Data Strategis

Keamanan data sudah menjadi sesuatu yang harus ditingkatkan guna mendapatkan kepercayaan pengguna. Facebook yang memanfaatkan data penggunanya untuk pemenangan pemilu di Amerika Serikat pada tahun lalu.

Oleh sebab itu terkait bidang keamanan data, Anda dapat membuka jasa security online baik itu pemberian enkripsi ataupun fitur lain dan dikelola oleh Anda demi melindungi data dari suatu perusahaan.

8. Pembuatan Berbagai Animasi

Kini sangat mudah melihat banyak promosi menggunakan animasi 3 dimensi. Apabila Anda memiliki keterampilan animator maka dapat membuat bisnis kecil-kecilan untuk proyek animasi sesuai pesanan klien.

Tentu saja Anda harus belajar dan punya pengalaman di bidang desain animasi terlebih dahulu.

Animasi ini dapat ditujukan untuk kepentingan iklan, kampanye, atau justru untuk membuat konten berkala di channel YouTube.

Mulailah dengan hal-hal kecil dan promosikan jasa Anda di forum online dan situs freelance. Jangan lupa untuk mengumpulkan portofolio dan review positif dari klien.

9. Sewa Drone, Action Cam dan Kamera Profesional

Perlengkapan profesional pembuat konten foto dan video memang sangat dibutuhkan saat ini. Tidak hanya untuk kebutuhan YouTuber namun juga untuk selebgram dan produksi iklan.

Namun bagi sebagian orang, harga dari perlengkapan itu cukup mahal dan sayang hanya dipakai satu atau beberapa kali saja.

Anda bisa membuat jasa rental. Kemudian membeli perlengkapan tersebut dan menyewakan dengan sistem bayaran per hari.

Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah sistem keamanan dan perjanjian yang mengikat peminjam. Ini akan melindungi aset Anda, sehingga tidak mengalami kerugian nantinya.

10. Jualan di Atas Truk Portabel

Saat ini tentu tidak asing mendengar food truck? Kegiatan yang menjual makanan dengan memanfaatkan media truk atau mobil besar sebagai tempat berjualan.

Di luar negeri, bisnis ini cukup digemari karena tidak perlu menyewa tempat, hanya berjualan secara pinggiran jalan.

Tidak hanya menjual makanan saja, Anda dapat memanfaatkan truk atau mobil besar untuk berjualan barang-barang seperti pakaian, boneka, aksesoris, bibit tanaman, paket data, atau justru memanfaatkannya untuk menyediakan jasa pindahan rumah atau kost.

11. Flip Cover Handmade

Maraknya smartphone di Indonesia, tentu menjadi peluang yang sangat bagus untuk para pebisnis.

Umumnya setiap pemilik gadget tentu ingin agar gadgetnya tampil bergaya dan aman dari risiko kerusakan.

Walaupun Flip Cover sudah banyak di pasaran tapi, produsen flip cover handmade masih terbilang sedikit.

Nah, bagi Anda yang memiliki kreatifitas dan senang membuat hasil kerajinan tangan, bisa mencoba peluang usaha baru yang satu ini.

Anda bisa menawarkannya pada teman kuliah, saudara, tetangga dan lainnya hingga ini menjadi bisnis yang menjanjikan

12. Sewa Peralatan Out-Door

Orang-orang saat ini memiliki hobi untuk bepergian ke luar kota. Salah satu tujuannya untuk melakukan kegiatan camping atau outdoor lainnya.

Oleh karena itu, bisnis perlengkapan luar ruang menjadi semakin potensial saat ini. Anda dapat membuka usaha penyewaan yang menyajikan perlengkapan dan peralatan outdoor untuk mendaki gunung, peralatan camping, memancing, dan sebagainya.

Pastikan Anda mematok tarif peralatan tersebut dengan harga yang kompetitif dan pelayanan maksimal

13. Jasa Penulisan Online

Membuka usaha jasa penulis online salah satu usaha yang masih jarang dilakukan. Padahal, peluangnya cukup besar mengingat banyaknya pemilik website yang membutuhkan tenaga penulis untuk mengisi konten mereka.

Kamu bisa menjalankan usaha ini seorang diri. Namun jika ingin lebih berkembang, kamu bisa membuat usaha penyedia jasa penulis online. Nantinya kamu mencari klien dan merekrut beberapa penulis freelance. Atau, kamu juga bisa menulis puluhan hingga ratusan artikel aneka tema, lalu menjualnya. Menarik, bukan?.

14. Pembuatan Souvenir dan Aksesoris Unik

Anda bisa membuat souvenir dan aksesoris dengan banyak variasi dari berbagai bahan baku unik, seperti kerang, rotan, tempurung kelapa, biji alpukat, lidi, bungkus makanan, dan bahkan sampah yang tidak digunakan lagi.

Anda bisa menjual dengan harga miring jika pesan dalam jumlah banyak. Marketing seperti ini adalah cara jitu dalam berbisnis, disertai dengan menjual secara online lewat media sosial, e-commerce dan toko online sendiri.

15. Jual Produk Daur Ulang yang Kreatif

Walaupun usaha membuat produk hasil daur ulang sudah lama. Namun hingga sekarang masih sedikit orang yang menggeluti usaha ini

Bagi Anda yang berminat menjalani bisnis ini, Anda harus memiliki kreatifitas dan cukup mumpuni dalam membuat kerajinan tangan.

Dalam usaha ini memiliki kelebihan yaitu tidak membutuhkan modal yang besar karena bahan baku yang Anda gunakan adalah barang-barang bekas.

Terlebih jika Anda menyayangi lingkungan, tentu semakin menyenangkan bukan untuk menjalani ide bisnis ini?

Selain menjadikan sebagai bisnis, Anda juga dapat membuat sampah daur ulang menjadi lebih bermanfaat.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini