5 Aturan ke Mal, Anak Kecil Boleh Masuk tapi Tempat Bermain Masih Tutup

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 21 September 2021 08:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 320 2474432 5-aturan-ke-mal-anak-kecil-boleh-masuk-tapi-tempat-bermain-masih-tutup-2owaDVZcRm.jpg Anak-Anak Diizinkan Masuk Mal. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah mengizinkan anak di bawah 12 tahun masuk mal atau pusat perbelanjaan. Hal ini menjadi salah satu keputusan dalam masa pemberlakuan PPKM.

Ketentuan ini juga diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 43 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Baca Juga: Pengusaha Harap Anak-Anak Diizinkan Masuk Mal

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh MNC Portal Indonesia, Selasa (21/9/2021), dari Inmendagri tersebut adapun regulasi dari kegiatan pada pusat perbelanjaan atau mal atau pusat perdagangan dibuka dengan ketentuan:

1. Kapasitas maksimal 50% dan jam operasional sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat dengan memperhatikan ketentuan serta dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Perdagangan.

Baca Juga: Pengusaha Ritel Minta Masuk Mal Tak Ada Batasan Umur

2. Wajib untuk menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai pusat perbelanjaan/ mall/ pusat perdagangan terkait.

3. Penduduk atau pengunjung dengan usia di bawah 12 boleh memasuki pusat perbelanjaan/ mall/ pusat perdagangan, kecuali di Provinsi DKI Jakarta, Kota Bandung, Kota Yogyakarta, Kota Surabaya dengan syarat didampingi orang tua.

4. Tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan/ mall/ pusat perdagangan ditutup.

Sementara, terkait dengan pusat perbelanjaan supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari- hari dibatasi jam operasional sampai dengan Pukul 21.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50% (lima puluh persen)

5. Untuk supermarket dan hypermarket wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi yang sudah dimulai sejak tanggal 14 September 2021 lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini