Mentan Buka-bukaan soal Data Pertanian

Antara, Jurnalis · Sabtu 25 September 2021 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 25 320 2476749 mentan-buka-bukaan-soal-data-pertanian-cvLtIH5hBA.jpg Mentan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan data statistik penting bagi perencanaan pertanian nasional.

"Perencanaan agregasi konsepsi yang terstruktur baik hanya ada dari data statistik. Oleh karena itu bagi saya sebagai Menteri Pertanian, datalah salah satu sumber informasi yang tidak boleh terakrobatisasi atau bias dari kepentingan-kepentingan yang ada," ujar Syahrul Yasin Limpo dalam Seminar Nasional Hari Statistik Nasional (HSN) 2021 dan Penganugerahan Badan Pusat Statistik (BPS) Awards secara daring di Jakarta, Sabtu (25/9/2021).

Menurut Mentan, Data tidak boleh salah karena data menentukan arah sebuah kebijakan. Oleh karena itu siapapun pemangku kepentingan terhadap data statistik harus bisa menjadikan Hari Ulang Tahun Statistik Nasional Tahun 2021 menjadi sebuah konsolidasi konsepsi yang harus kita dorong bersama.

Baca Juga: Hari Tani Nasional 2021, Mentan: Pertanian yang Kuat Menandai Kekuatan Bangsa

"Karena kita semua membutuhkan data statistik dan pertanian menjadi tulang punggung kehidupan bangsa. Pertanian yang tergarap baik akan membuat kemampuan ekonomi mulai dari desa, kabupaten, provinsi dan secara nasional akan tumbuh dengan baik," katanya.

Mentan menambahkan, dengan pertanian itu sangat penting bagi kehidupan Indonesia, sebagai bangsa keempat terbesar dunia dengan populasi penduduk 273 juta orang yang membutuhkan makan dari pertanian.

Namun tidak itu saja, pertanian adalah lapangan kerja yang terbesar, pertanian memperkuat ekonomi dasar sebuah bangsa, sebuah daerah yang bisa maju.

"Bisakah itu semua tanpa data? Kalau begitu data statstik menjadi penting karena awal dari perencanaan, akhir dari semua keberhasilan harus dimulai dari data yang akurat dan benar," ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Sebelumnya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, sektor pertanian adalah salah satu sektor yang bertumbuh meski dunia dan Indonesia sedang dilanda wabah pandemi COVID-19 yang berkepanjangan. Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), sektor pertanian bertumbuh dan bertahan positif.

Karena itu, kata Mentan, sektor pertanian adalah sektor penting yang tidak bisa dianggap remeh, karena selalu menjadi kunci pada pertumbuhan ekonomi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini