TEI ke-36, Mendag Pamer Ekspor Tinggi Jadi Penopang Ekonomi RI

Michelle Natalia, Jurnalis · Senin 27 September 2021 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 320 2477371 tei-ke-36-mendag-pamer-ekspor-tinggi-jadi-penopang-ekonomi-ri-4Hy0FwalOl.jpg Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi banggakan ekspor Indonesia (Foto: Dokumentasi Kemendag)

JAKARTA - Trade Expo Indonesia ke-36 dibuka secara virtual akibat adanya pandemi Covid-19. Trade Expo 2021 ini ditujukan untuk mendorong keberlanjutan dan peningkatan promosi produk lokal ke pasar global dengan mengoptimalkan teknologi digital.

Baca Juga: Produk Kopi hingga Kertas RI Laris Manis Diborong Jepang

Diharapkan, dengan digelarnya acara ini bisa mendorong kinerja ekspor, dengan memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi global yang mulai bergejolak. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan bahwa di tengah pandemi yang masih dihadapi, Kementerian Perdagangan (Kemendag) masih terus berupaya menjadi garda terdepan dalam menjaga neraca perdagangan Indonesia, salah satunya melalui upaya peningkatan ekspor nasional.

"Berbagai upaya terus kami lakukan untuk menunjang ekonomi nasional, kita melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan II 2021 sangat menggembirakan karena mencapai 7,07% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (yoy)," ujar Lutfi dalam Opening Ceremony 36th Trade Expo Indonesia 2021 secara virtual di Jakarta, Senin(27/9/2021).

Baca Juga: Pameran Dagang Terbesar Se-Asean Digelar Virtual, Mendag: Terobosan di Tengah Keterbatasan

Pertumbuhan ini ditopang oleh ekspor periode tersebut yang tumbuh sangat signifikan yaitu 31,78% yoy. Keunggulan ekspor Indonesia, sambung Lutfi, sangat dipengaruhi oleh pulihnya ekonomi global dan meningkatnya permintaan dari negara-negara mitra dagang Indonesia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini