RI Incar Rp21,3 Triliun dari Pameran Dagang Terbesar TEI ke-36

Michelle Natalia, Jurnalis · Senin 27 September 2021 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 320 2477419 ri-incar-rp21-3-triliun-dari-pameran-dagang-terbesar-tei-ke-36-9WQdVPfpZH.jpeg Trade expo Indonesia ke 36 ditargetkan raih transaksi USD1,5 miliar (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 digelar secara virtual untuk kedua kalinya di tahun ini. Berbeda dengan tahun lalu, TEI 2021 ini akan dilaunching dalam platform interaktif dengan format e-catalogue seperti halnya pameran dagang internasional di negara-negara maju.

"Salah satu hal berbeda yang saya banggakan dalam TEI 2021 ini adalah untuk pertama kalinya akan diselenggarakan forum khusus terkait industri halal, yaitu Halal Trade Forum," ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi secara virtual dalam Opening Ceremony 36th Trade Expo Indonesia 2021 di Jakarta, Senin(27/9/2021).

Baca Juga: TEI ke-36, Mendag Pamer Ekspor Tinggi Jadi Penopang Ekonomi RI

Lutfi mengatakan, pihaknya turut berkolaborasi dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC), kami juga akan menyelenggarakan Moslem Fashion Festival dengan rangkaian kegiatan Moslem Fashion Show dan juga talkshow.

"Hal ini dilakukan dengan upaya nyata untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat industri produk halal dunia, serta menjadi kiblat industri fashion muslim dunia," ungkapnya.

Baca Juga: Produk Kopi hingga Kertas RI Laris Manis Diborong Jepang

Agenda penting lainnya adalah penyelenggaraan Global Trade Forum dalam TEI 2021 serta forum Xpora, di mana kedua program tersebut adalah program unggulan milik BNI46 yang akan saling melengkapi TEI, dan rencananya akan terus dilaksanakan setiap tahun.

"Penyelenggaraan program tersebut secara perdana akan dilaksanakan di awal tahun 2022," ucap Lutfi.

Dengan beberapa perbedaan dibandingkan TEI sebelumnya, yang juga dilakukan secara virtual, pihaknya optimis TEI 2021 dapat mencapai target transaksi dagang lebih besar hingga USD1,5 miliar diikuti oleh 1.000 perusahaan serta dihadiri setidaknya oleh 500 ribu visitors dan buyers dari mancanegara.

"Kami berharap, penyelenggaraan TEI selalu menjadi agenda rutin dan utama bagi seluruh buyers di mancanegara untuk mencari produk Indonesia dan partner dagang yang tepat. Kami juga berharap TEI menjadi salah satu pameran business-to-business (B2B) terbesar di kawasan Asia yang selalu dinantikan," pungkas Lutfi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini