Erick Thohir: Pemimpin Wanita di BUMN Capai 25% di 2023

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Senin 27 September 2021 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 320 2477472 erick-thohir-pemimpin-wanita-di-bumn-capai-25-di-2023-MQjfuPuGBr.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan kursi kepemimpinan BUMN terisi 25% untuk wanita pada 2023. Sedangkan untuk tahun ini, Erick menargetkan 15% kursi pemimpin BUMN diisi para srikandi.

Menurutnya, hal itu penting dilakukan untuk mencapai kesetaraan gender di Indonesia. Dengan komposisi kepemimpinan yang balance, akan menciptakan iklim perusahaan yang lebih baik.

Baca Juga: BUMN Jangan Cuma Kalahkan Perusahaan Daerah atau Nasional

"Kita memiliki target di tahun ini, 15% kepemimpinan wanita, di tahun 2023 itu sudah mencapai 25%. Kita penting melakukan kesetaraan gender, dan tentu dengan adanya balance kepemimpinan ini juga terbukti ada improvement hasil dari sebuah perusahaan," ujar Erick pada acara Girls Take Over, Senin (27/9/2021).

Erick menilai pentingnya transformasi human capital di BUMN.

Baca Juga: Fakta Restrukturisasi Utang BUMN ala Erick Thohir, Krakatau Steel Mulai Untung

"Transformasi human capital, kita sudah mensejajarkan antara kementerian dan forum human capital Indonesia yang di bawah komunitas direksi BUMN, dengan berdiri sejajar kita bisa berkolaborasi dengan baik," sambung Erick Thohir.

Erick menjelaskan, dalam forum Human Capital juga punya program-program mentoring, coaching, atau Leadership mengenai bagaimana membalanceing antara kehidupan sebagai Leadership dan juga kehidupan rumah tangga.

Selain itu, dalam transformasi human capital, Menteri Erick juga menargetkan kepemimpinan BUMN akan di isi oleh orang-orang yang berusia di bawah 42 tahun. Untuk tahun target realisasinya mencapai 5% dan ditahun 2023, diharapkan sudah bisa di isi 10% pemimpin muda.

"Dan ini juga masuk kedalam program kami, kepemimpinan muda di BUMN, yang nantinya kita ingin nantinya itu di bawah 42 tahun, dengan target 5% di tahun ini dan 10% di 2023," pungkas Erick.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini