Share

Daftar 19 BUMN yang Bakal IPO, Dimulai Akhir 2021

Suparjo Ramalan, iNews · Selasa 28 September 2021 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 278 2477929 daftar-19-bumn-yang-bakal-ipo-dimulai-akhir-2021-e30wFRDHlQ.jpg Anak usaha BUMN siap IPO (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sejumlah perusahaan BUMN siap melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perseroan terdiri dari BUMN dan anak usahanya dari sejumlah klaster.

Rencana Initial Public Offering (IPO) pun mulai dilakukan akhir 2021 hingga beberapa tahun ke depan. Saat ini, proses persiapan tengah dibidik pemegang saham.

Dari arsip pemberitaan MNC Portal Indonesia, tercatat ada lima anak usaha PT Pertamina (Persero) yang akan melakukan IPO. Sementara PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, akan mencatatkan saham dua anak usahanya.

Baca Juga: Erick Thohir Ingin Wujudkan Kesetaraan Gender di BUMN

Di klaster kesehatan, ada Induk Holding BUMN Farmasi, PT Bio Farma (Persero) juga akan melantai di pasar perdana Indonesia. Kemudian Indonesia Healthcare Corporation (IHC) atau PT Pertamina Bina Medika (Persero).

Tak hanya itu, ada BUMN sektor perbankan, pertanian, dan pertambangan, hingga Holding Perkebunan Nusantara atau PTPN III (Persero).

Adapun daftar BUMN dan anak Usaha yang melantai ke BEI di antaranya adalah:

Baca Juga: Erick Thohir: Pemimpin Wanita di BUMN Capai 25% di 2023

Anak Usaha Pertamina:

PT Pertamina International Shipping (Persero)

PT Pertamina Geothermal Energi (Persero)

PT Pertamina Hulu Energi (Persero)

PT Pembamgkut Listrik Tenaga Uap (Persero)

PT Pertamina Hilir (Persero).

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

Sektor Kesehatan:

PT Indonesia Healthcare Corporation (Persero)

PT Bio Farma (Persero)

Sektor Telekomunikasi:

PT PT Dayamitra Telekomunikasi atau Mitratel (Persero)

PT Telkom Data Center (Persero)

Sektor Pertanian dan Pertambangan:

PT EDC and Payment Gateway (Persero)

PT Pupuk Kalimantan Timur (Persero)

PT Inalum Operating (Persero)

PT MIND ID (Persero)

PT Logam Mulia (Persero)

Di sektor konstruksi, ada nama anak usaha PT Adhi Karya (Persero), PT Adhi Commuter Properti (ADCP). Saat ini proses administrasi tengah dikaji Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kemudian, Holding Perkebunan Nusantara atau PTPN III juga akan mencatatkan asetnya di BEI. Meski begitu, pemegang saham belum merinci kapan langkah go publik dimulai manajemen BUMN sektor pangan tersebut.

Erick juga memastikan anak usaha PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) akan melantai di pasar perdana. Pencatatan saham tersebut akan dilakukan oleh anak usaha di sektor kawasan industri. Saat ini konsolidasi dan restrukturisasi tengah dilakukan KRAS. Erick menyebut, proses tersebut untuk memastikan struktur keuangan perusahaan membaik sebelum anak usahanya melakukan IPO.

Adapun ketiga anak usaha KRAS yang paling potensial untuk IPO adalah PT Krakatau Tirta Industri, PT Krakatau Bandar Samudera, PT Industrial Estate.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini