Kerja Sama dengan MNC Group, Menkop Teten: Bisa Angkat Derajat UMKM

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 320 2482335 kerja-sama-dengan-mnc-group-menkop-teten-bisa-angkat-derajat-umkm-aTAl075o6U.png Kerja Sama MNC Group dengan Kemenkop UKM (Foto: MPI)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresi kerja sama dengan MNC Group demi memajukan UMKM di Indonesia.

Teten mengatakan, kerja sama Kemenkop UKM dengan MNC Group bisa mengangkat derajat para pelaku usaha UMKM.

“Saya Menteri Koperasi dan UMKM memang tugasnya adalah bagaimana mengangkat derajat pelaku UMKM. Khususnya ekonomi UMKM untuk bisa lebih maju,” kata Teten, Jakarta, Rabu (6/10/2021).

Baca Juga: Gandeng Kemenkop UKM, MNC Group Buka Gerbang Transformasi Digital Koperasi dan UMKM Masa Depan

Pihaknya mengapresiasi komitmen dan dukungan MNC Group untuk turut menggerakkan transformasi digital UMKM di Indonesia.

“Secara gabungan, UMKM menyerap sekitar 97% atau 117 juta tenaga kerja nasional, dan berkontribusi sekitar 60% terhadap total Pendapatan Domestik Bruto Indonesia,” katanya.

Namun disayangkan, masih banyak sekali para pelaku UMKM yang memiliki keterbatasan terhadap akses perbankan. “Besar harapan agar kontribusi MotionBanking akan meningkatkan jumlah produksi, omzet, skala usaha, dan peningkatan daya saing. Ditambah lagi kerjasama lainnya dengan promosi melalui media dan e-commerce, yang merupakan keunggulan MNC Group," katanya.

Dirinya mengaku Presiden Jokowi menuntut pihak Kementerian Koperasi dan UKM untuk menaikkan level UMKM Menjadi jauh naik kelas dan pelaku UMKM harus lebih on boarding dalam digitalisasi.

“Dengan ini juga kami menargetkan dengan kerja sama bersama MNC ini yang ikut serta dalam transformasi digital bersama dengan UMKM go digital, tak hanya 16 UMKM tapi di tahun 2023 lebih dari itu hingga 30 ribu pelaku UMKM dan tentunya membuka peluang lebih besar untuk mendongkrak ekspor karya-karya lokal,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini