Cara Membuat Akun Youtube yang Menghasilkan Uang

Hafid Fuad, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 07:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 622 2481900 cara-membuat-akun-youtube-yang-menghasilkan-uang-rleVLQ2FLl.jpeg Cara Membuat Akun YouTube yang Menghasilkan Uang. (Foto: Okezone.com/BBC)

JAKARTA- Cara membuat akun Youtube yang menghasilkan uang bisa dibilang cukup mudah. Hanya saja, harus mengerti dan memahami kebijakan yang diterapkan.

Mungkin ada yang memiliki akun YouTube untuk iseng dan coba-coba, tapi bisa jadi saat ini adalah waktu untuk lebih serius lagi memanfaatkan YouTube. Saatnya menjawab pertanyaan bagaimana cara mendapatkan uang dari platform video tersebut.

Tentu saja pertanyaan seperti ini jadi pertanyaan banyak orang. Dan nyatanya juga masih banyak orang yang belum mengetahui seluruhnya mengenai cara untuk mendapatkan uang hingga jutaan bahkan hingga ratusan juta dari Youtube.

Baca Juga: Simak 10 Cara Menghasilkan Uang dari HP

Berikut 5 fitur di YouTube yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi, dikutip dari berbagai sumber, Rabu (6/10/201), yaitu:

1. Pendapatan iklan

Ini yang paling diburu oleh para creator YouTube, pendapatan iklan dari iklan display, overlay, dan video sangat menguntungkan.

Cara monetize Youtube sebenarnya tidak terlalu rumit. Dengan sign in ke akun Youtube, kemudian pilih Menu ‘’account information” yang terletak di sebelah kanan atas dan klik ‘’Creator Studio”.

Kemudian, pada menu di sebelah kiri pilih ‘’Channel” dan klik ‘’Status and features”. Pilih Enable Monetisation kemudian klik agreement yang ada.

Baca Juga: 9 Cara Menghasilkan Uang dengan Cepat

Setelah mengaktifkan monetisasi pada Youtube yang harus dilakukan adalah associate dan approved AdSense account ke Youtube account.

Nantinya akan tersedia fitur Youtube Analytic yang dapat digunakan untuk melakukan track penghasilan. Ini akan bisa terbayar bila melengkapi atau mengikuti Youtube payment treshold yang ada.

2. Langganan channel

Pelanggan melakukan pembayaran bulanan dengan imbalan berupa keuntungan khusus yang ditawarkan pemilik channel.

Hal yang perlu dilakukan adalah menghasilkan video yang menarik untuk ditonton dari awal hingga akhir tayangan, lalu dibagikan kembali oleh orang-orang sampai akhirnya menjadi konten yang viral.

3. Galeri merchandise

Penggemar bisa mencari dan membeli merchandise bermerek resmi yang ditampilkan di halaman pemilik akun YouTube.

4. Super Chat dan Super Stickers

Super Chat dan Super Stickers memberikan cara lain untuk memonetisasi channel YouTube.

Caranya yaitu penggemar harus membayar agar pesannya diperjelas dalam streaming chat. Penonton bisa menggunakan fitur ini untuk memasang pin pada pesan tersebut agar tetap berada di bagian teratas feed chat.

5. Pendapatan YouTube Premium

Dengan YouTube Premium, para pelanggan dapat menikmati video apapun di YouTube tanpa iklan tapi tetap bisa mendukung para kreator.

Ada banyak konten kreator yang menggunakan fan funding sebagai caranya untuk mendapat uang walaupun hal ini masih jarang dilakukan di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini