KAI Perketat Pemeriksaan Penumpang KRL, Ada Apa?

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 320 2484498 kai-perketat-pemeriksaan-penumpang-krl-ada-apa-OcYyKGsBQE.jpg Penumpang KRL Meningkat. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Penumpang KRL terus mengalami peningkatan, khususnya pada hari kerja.Tercatat pengguna KRL pada hari ini, mencapai 163.853 pengguna. Data tersebut tidak jauh beda dengan pengguna pada hari Senin minggu sebelumnya yaitu sejumlah 163.305 pengguna.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, pihaknya akan melakukan pengetatan pemeriksaan syarat perjalanan naik KRL termasuk membatasi jumlah penumpang yang masuk ke dalam gerbong kereta.

Baca Juga: Capai 143.867 Orang, Jumlah Penumpang KRL Meningkat 5% Dibandingkan Pekan Lalu

“Petugas di lapangan terus memperketat pemeriksaan sertifikat vaksin dan protokol kesehatan yang menjadi syarat untuk naik KRL. Selain itu juga petugas akan membatasi jumlah orang per kereta untuk mengantisipasi kepadatan di dalam kereta,” kata Anne dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal, Senin (11/10/2021).

Guna menyiasati kepadatan penumpang, dia bilang, petugas akan sigap melakukan penyekatan bila kondisi di stasiun maupun di dalam KRL sudah sesuai kuota.

Baca Juga: Jalur 4 dan 5 Stasiun Manggarai Ditutup Sementara, Ada Pekerjaan Baru

Agar terhindar dari penyekatan akibat kuota kereta yang sudah memenuhi kapasitas, ia menghimbau masyarakat untuk melihat informasi kepadatan di stasiun melalui aplikasi KRL Access yang menyediakan fitur info kepadatan stasiun, posisi terkini KRL, jadwal KRL atau menggunakan KRL di luar jam-jam sibuk.

“Aplikasi KRL Access menyediakan fitur info kepadatan stasiun, posisi terkini KRL, jadwal KRL atau menggunakan KRL di luar jam-jam sibuk. Dengan memantau dari aplikasi ini, masyarakat bisa terhindar dari potensi antrian yang panjang,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Anne, aturan tambahan yang ada selama masa pandemi ini juga tetap berlaku. Hal itu mencakup seperti aturan untuk tidak berbicara secara langsung maupun melalui telepon genggam saat berada di dalam kereta, belum diizinkannya anak balita menggunakan KRL, serta lansia dan pengguna dengan barang bawaan yang besar hanya diizinkan di luar jam sibuk atau pada pukul 10.00 – 14.00.

“Bagi siswa sekolah yang belum masuk usia vaksinasi tetap dapat menggunakan KRL dengan menunjukkan surat keterangan dari sekolah untuk pembelajaran tatap muka dan menggunakan seragam sekolah dalam menggunakan KRL,” sambungnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini