5 Fakta Mengejutkan RI Punya Cadangan Tembaga Terbesar Dunia, Banyak yang Tak Tahu!

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 320 2485134 5-fakta-mengejutkan-ri-punya-cadangan-tembaga-terbesar-dunia-banyak-yang-tak-tahu-d16PopgndO.jpg Jokowi Resmikan Smelter Freeport (Foto: Dokumentasi Freeport Indonesia)

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peletakan batu pertama pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Provinsi Jawa Timur pada hari ini.

Dalam peresmian itu, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia.

Baca Juga: Tak Ingin Kecewa! RI Punya Tambang Terbesar Dunia, Jokowi: Jangan Sampai Hilirisasi di Negara Lain

 

Berikut fakta menarik cadangan tembaga Indonesia, yang telah dirangkum Okezone pada Selasa (12/11/2021):

1. Indonesia Punya Cadangan Tembaga Terbesar

Presiden Jokowi mengatakan, cadangan tembaga terbesar di Indonesia ini masih sedikit yang tahu. Padahal, menurutnya, Indonesia masuk kategori tujuh negara yang memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia.

"Negara kita Indonesia memiliki cadangan tembaga yang besar. Sangat besar. Masuk kategori tujuh negara yang memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia. Ini yang banyak kita enggak tahu. Potensi yang sangat besar ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat dengan menciptakan nilai tambah setinggi-tingginya bagi ekonomi kita," ucapnya.

2. Pembangunan Smelter Terbesar di Dunia

Dalam peresmiannya hari ini, fasilitas pemurnian dan pengolahan (smelter) PT Freeport Indonesia dengan desain single line terbesar di dunia. Smelter ini bisa mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga pertahun.

“Kita dapat laporan smelter yang akan dibangun ini dengan desain single line ini terbesar di dunia, karena mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun,” kata Presiden Jokowi.

3. Alasan Pembangunan Smelter di Dalam Negeri

Pembangunan smelter ini dikatakan merupakan kebijakan strategis yang diambil setelah pemerintah menguasai 51% saham PT Freeport Indonesia.

Jokowi mengatakan keinginannya perihal nilai tambah dalam negeri. Sebab itu, dia mewanti-wanti agar tak ada hilirisasi tambang di negara lain.

“Jangan sampai kita memilki tambang, konsentrat, (tapi) smelternya, hilirisasinya ada di negara lain, seperti tadi disampaikan Pak Menteri (Menko Perekonomian Airlangga Hartarto), ada di Spanyol, ada di Jepang, nilai tambahnya berarti yang menikmati mereka,” ujar Presiden Jokowi.

4. Diharapkan Jadi Daya Tarik Industri Masuk ke KEK Gresik

Peresmian smelter PT Freeport Indonesia di KEK Gresik diharapkan bakal menjadi daya tarik industri-industri lain untuk ikut masuk ke kawasan tersebut.

"Saya berharap kehadiran PT Freeport di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik akan menjadi daya tarik bagi industri-industri lain untuk masuk ke Kawasan Ekonomi Gresik ini, khususnya industri turunan tembaga untuk ikut investasi di sini," ujar presiden.

5. Perintahkan Perusahaan Tambang untuk Hilirisasi di Dalam Negeri

Sebagai langkah lanjutan, Presiden juga mengatakan bakal memerintahkan setiap perusahaan di sektor tambang untuk melakukan hilirisasi di dalam negeri.

Tujuannya, diketahui agar mengurangi ekspor sumber daya alam mentah dan memberikan nilai tambah serta efek pengganda ekonomi bagi perekonomian domestik. Hal ini juga termasuk meningkatkan penerimaan bagi negara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini