5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 622 2485179 5-hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-tanda-tangan-kontrak-kerja-jEfUUYILTP.jpg Hal yang harus diperhatikan sebelum tanda tangan kontrak kerja (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Calon pekerja wajib tahu ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum tanda tangan kontrak kerja. Sebaiknya, jangan tergesa-gesa dengan tawaran untuk menandatangani perjanjian kerja.

Adapun menandatangani perjanjian kerja tentu menjadi hal yang tidak boleh diabaikan. Di mana, sangat penting untuk mencermati seluruh isi perjanjian kerja sejak awal.

Baca Juga: Menaker Buka-bukaan soal Aturan Kontrak Kerja di UU Ciptaker

Sebab, hal ini akan memengaruhi hak-hak dan kewajiban yang mengikat Anda dengan pihak perusahaan. Lantas, apa saja hal-hal yang harus diperhatikan sebelum tanda tangan perjanjian kerja?

Baca Juga: UU Cipta Kerja soal Outsourcing Diganti Kontrak Seumur Hidup, Begini Faktanya

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, ada lima hal yang harus diperhatikan sebelum Anda melakukan tanda tangan perjanjian kerja. Mulai dari perhatikan posisi, deskripsi pekerjaan, dan status hubungan kerja di perusahaan, hingga syarat ketika nantinya resign.

“Banyak hal yang harus Rekanaker perhatikan serta konfirmasi lebih lanjut sebelum Rekanaker menyetujui dan menandatangani surat perjanjian kerja. Apa aja sih hal tersebut?” tulis Kementerian Ketenagakerjaan, Selasa (12/10/2021).

Berikut lima hal yang harus diperhatikan sebelum tanda tangan perjanjian kerja:

1. Posisi, deskripsi pekerjaan, dan status hubungan kerja di perusahaan.

2. Waktu kerja.

3. Gaji, benefit, dan fasilitas.

4. Hak dan kewajiban yang diterima.

5. Syarat ketika nantinya resign.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini