5 Fakta Pertalite hingga Pertamax Langka Bikin Warga Panik

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 320 2486324 5-fakta-pertalite-hingga-pertamax-langka-bikin-warga-panik-VjL9ui89ay.jpg Masyarakat panik karena BBM mulai langka (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terjadi di wilayah Medan dan sekitarnya makin parah, warga pun mulai panik. Pasalnya, kelangkaan tak hanya terjadi pada BBM jenis Pertalite, tetapi juga Solar dan Pertamax.

Sebelumnya, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, telah mewanti-wanti kelangkaan BBM.

Berikut lima fakta kelangkaan Pertalite hingga Pertamax yang membuat warga cemas, dirangkum Okezone, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga: Selamat Datang Era Listrik, RI Stop Penjualan Mobil dan Motor yang Pakai BBM! Ini Jadwalnya

1. SPBU yang Tak Punya BBM

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia, terdapat beberapa SPBU yang tak memiliki stok BBM sama sekali. Di antaranya, termasuk SPBU Jalan Setiabudi, SPBU Jalan Gatot Subroto, SPBU Jalan Sisingamangaraja, dan SPBU Jalan Ringroad Gagak Hitam.

Di beberapa SPBU tersebut, terpampang tanda "BBM sedang dalam perjalanan". Namun, salah satu petugas SPBU yang bertugas mengaku, kondisi itu terjadi sejak dua hari terakhir.

"Sudah dua hari tidak ada pengisian. Pasokan belum datang," sebut Amri, salah satu petugas SPBU yang bertugas di Jalan Setiabudi Medan, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga: Pak Ahok! Pertalite hingga Pertamax Langka Bikin Warga Panik, Gimana Nih?

2. Belum Ada Kejelasan

Sampai hari ini, Pertamina belum memberikan kejelasan lebih lanjut terkait kekosongan ini.

Manager Humas PT Pertamina Patra Niaga Regional, Sumbagut Taufikurrahman telah dihubungi dan dimintai keterangan. Namun, dia belum memberikan jawaban.

3. Alasan dan Jaminan Pertamina Soal Kelangkaan

Pertamina sebelumnya mengaku, kekosongan ini terjadi akibat adanya peningkatan konsumsi BBM pasca pelonggaran PPKM di wilayah Medan. Kenaikan mencapai 10% dari rata-rata konsumsi harian.

Tak cuma itu, penyebab lainnya termasuk kendala distribusi akibat gelombang laut yang cukup tinggi hingga menyulitkan kapal tangker bersandar dan memasok BBM ke terminal Pertamina.

Meski begitu, Pertamina sempat menjamin keamanan pasokan BBM di Sumut hingga 11 hari.

4. Cerita Warga Bingung: "Pakai Apa?"

Warga Medan Kota, Kota Medan, Hilman (28) mengaku panik begitu Pertamax habis di SPBU tempatnya mengisi BBM sehari-hari. Padahal, dia akan mengisi BBM jenis Pertamax untuk menggantikan Pertalite yang sulit didapatkan sejak dua pekan lalu.

"Kalau Pertamax juga habis, terus kita harus pakai apa? Apa iya, kita harus pakai Pertamax Turbo yang untuk mobil mewah? Lagipula, enggak semua SPBU ada Pertamax Turbo. Harganya juga kelewat mahal," keluhnya, Kamis (14/10/2021).

5. Ungkap Kekecewaan, Rencana Timbun BBM

Ridho (33), warga Medan Timur, merasa kecewa terhadap kinerja Pertamina dalam mengurus BBM. Ridho mengatakan, selama ini Pertamina selalu berkampanye agar masyarakat membeli BBM sesuai kebutuhan. Namun, kenyataan mengarahkan ke arah sebaliknya.

"Kalau sudah begini, daripada repot antre dan enggak ada kepastian dapat BBM, lebih baik meninbun di rumah. Seperti penjual besin eceran di jalan, itu kan bisa beli banyak-banyak," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini