Dunia Krisis Energi, RI Jamin Pasokan Listrik Aman dan Tarif Tidak Naik

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 320 2489655 dunia-krisis-energi-ri-jamin-pasokan-listrik-aman-dan-tarif-tidak-naik-bUp4QBNFbX.jpg Pasokan Listrik Dijamin Aman hingga Akhir Tahun. (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pasokan listrik hingga akhir tahun ini dijamin aman, meski sejumlah negara saat ini tengah mengalami krisis energi.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, kondisi suplai listrik saat ini masih berlebih. Bahkan pemerintah memastikan tidak akan ada kenaikan atau perubahan tarif listrik sampai akhir tahun 2021.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan Listrik

"Yang pasti kondisi listrik lebih dari cukup. Kemudian diputuskan sampai akhir tahun tidak akan ada kenaikan atau perubahan tarif listrik," ujarnya dalam konferensi pers, Kamis (21/10/2021).

Rida menuturkan, dari sisi pasokan listrik maupun kesiapan kapasitas sudah lebih dari cukup. Di sisi lain, pemerintah juga terus memantau perkembangan krisis energi yang terjadi di sejumlah negara seperti Inggris, India, China, hingga Amerika Serikat.

Baca Juga: Kebakaran Gardu Induk Kebon Jeruk, PLN Segera Normalkan Listrik

"Yang sekarang sedang kami pantau dari hari ke hari adalah jaminan supply chain terutama batu bara. Saat ini batu bara dan LNG juga sedang naik. Beberapa negara sudah mengalami krisis energi mulai membakar batu bara lagi. Itu semua untuk menjaga ketahanan energinya," ungkapnya.

Menurut dia, Indonesia sudah mengatur jaminan komoditas batu bara dan gas melalui Domestic Market Obligation (DMO) dengan menjamin pemenuhan di dalam negeri terlebih dahulu.

"Kita patut bersyukur kita punya batu bara, gas, dan lebih dari itu kita sudah mengaturnya untuk menjamin. Misalnya ada DMO batu bara, ada DMO gas, tidak boleh seluruhnya diekspor meski harganya lebih bagus karena ada kewajiban untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini