Cara Mengecek Aplikasi Pinjol Ilegal atau Tidak Melalui WhatsApp

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 320 2490078 cara-mengecek-aplikasi-pinjol-ilegal-atau-tidak-melalui-whatsapp-iJzIzudtd8.jpg Cara Mengecek Aplikasi Pinjol Ilegal atau Tidak Melalui WhatsApp. (Foto: Okezone.com/Unsplash)

JAKARTA - Cara mengecek aplikasi pinjol ilegal atau tidak melalui WhatsApp wajib dilakukan. Layanan ini adalah terobosan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memerangi aplikasi pinjol ilegal yang kian meresahkan masyarakat.

Layanan ini berupa chatbot otomatis bernama Rojak (Robot Penjawab Kontak OJK). Cara mengeceknya pun mudah dan cepat. Coba ikuti langkah-langkah berikut:

1. Simpan nomor WhatsApp resmi OJK Indonesia 081-157-157-157.

2. Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp.

3. Buka kolom chat OJK Indonesia yang baru saja disimpan.

Baca Juga: 10 Pinjaman Online Langsung Cair dengan KTP

4. Mulai percakapan dengan mengirim pesan "Halo" di kolom chat.

5. Jika sudah, balasan otomatis berupa informasi mengenai cara melakukan pengecekan status legalitas pinjol dan jam operasional layanan pengaduan akan muncul.

6. Siapkan nama aplikasi pinjol yang akan dicek legalitasnya.

Aplikasi Pinjol Legal

Apabila aplikasi pinjol yang dicek legal, balasan yang akan muncul adalah keterangan lengkap mengenai aplikasi pinjol beserta pernyataan bahwa telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sebagai contoh, Okezone mencoba mengecek legalitas aplikasi pinjol Kredivo. Berikut balasannya:

Baca Juga: Pinjam Uang di Pinjol Ilegal Tidak Ada Kewajiban Bayar?

โ€œPT FinAccel Finance Indonesia (Kredivo) terdaftar dan diawasi oleh OJK. Untuk mengetahui Direktori Kantor Lembaga Pembiayaan yang terdaftar dan diawasi oleh OJK silahkan klik pranala berikut: https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/data-dan-statistik/direktori/lembaga-pembiayaan/default.aspx.โ€

Aplikasi Pinjol Ilegal

Sementara untuk aplikasi pinjol ilegal, balasan yang akan muncul adalah keterangan ilegalnya. Untuk pinjol ilegal, Okezone mengecek aplikasi Wall In. Berikut balasannya

โ€œFintech Wall In โ€” Aplikasi Pinjaman dengan Bunga Rendah TIDAK terdaftar atau berizin dari OJK (status: ilegal). Untuk mengetahui perbedaan Fintech Lending legal dan ilegal, Bapak/Ibu silahkan klik pranala berikut : https://www.instagram.com/p/B1YimB3n9YM/?igshid=v4kadsufjkqw.โ€

Sebenarnya, pinjol ilegal sudah memiliki ciri-ciri yang jelas terlihat, seperti bunga yang tinggi, alamat perusahaan dan jangka waktu pinjaman yang tidak jelas, cara penagihan yang tidak baik, hingga meminta data yang sifatnya sangat pribadi.

Calon peminjam hanya harus berhati-hati sebelum meminjam. Jika menemukan aplikasi pinjol yang berpotensi ilegal, masyarakat dapat melaporkannya di kontak157.ojk.go.id atau situs resmi OJK di www.ojk.go.id. Selain itu, pinjol ilegal juga dapat dilaporkan melalui layanan call center di nomor (021)-157 atau via e-mail ke konsumen@ojk.go.id.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini