Wujudkan Pemerintah Kelas Dunia, Tjahjo Kumolo Andalkan 4 Juta PNS

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 320 2491270 wujudkan-pemerintah-kelas-dunia-tjahjo-kumolo-andalkan-4-juta-pns-Qrg9xViikY.jpg Menpan RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mempercepat reformasi birokrasi untuk mewujudkan pemerintah kelas dunia. Untuk merealisasikan hal tersebut, Tjahjo pun membutuhkan dukungan dari 4.08 juta Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat ini.

Tjahjo mengatakan, jika mewujudkan pemerintah kelas dunia, harus dimulai dengan sesuatu yang baik dan bersih. Di mana birokrasi harus kapabel. Kemudian birokrasi bersih dan akuntabel, serta pelayanan publik yang prima.

Baca Juga: Tes SKD CPNS Siap Diumumkan, Cek Jadwalnya di Sini

"Jadi dilakukan area perubahan pada manajemen, deregulasi kebijakan, penataan organisasi dan tata laksana. Penataan SDM aparatur, akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningatan kualitas pelayanan publik," ujarnya, Senin (25/10/2021).

Tjahjo pun mengingatkan pada PNS untuk mengutamakan budaya kerja BerAkhlak. Hal ini menjadi pondasi baru PNS dalam mewujudkan pemerintah kelas dunia.

Baca Juga: Jadwal Terbaru Seleksi CPNS 2021, dari Pengumuman SKD hingga Tes SKB

"Definis BerAkhlak, beriorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis. Loyal, adaptif dan kolaboratif," ujarnya.

Selain itu, Tjahjo juga mengingatkan PNS untuk tidak korupsi. Adapun area rawan korupsi seperti perencanaan anggaran, hibah dan bansos. Pajak dan retribusi serta pengadaan barang dan jasa.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini