Share

Kementerian BUMN Ungkap Alasan Pergantian Dirut MIND ID

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 29 Oktober 2021 19:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 29 320 2493924 kementerian-bumn-ungkap-alasan-pergantian-dirut-mind-id-qvMHCglI0e.jpg Kementerian BUMN (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian BUMN mengungkap alasan pergantian Direktur Utama (Dirut) Holding BUMN Pertambangan, PT Inalum (Persero) atau MIND ID. Pemegang saham menetapkan Hendi Prio Santoso sebagai Dirut perseroan, menggantikan Orias Petrus Moedak.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menyebut, pergantian Dewan Direksi MIND ID merupakan bagian akselerasi transformasi industri pertambangan yang berkelanjutan (sustainable).

"Dan environmental friendly practices dengan mengoptimasi program digitalisasi dan automasi mekanisasi smart mining 5.0," ujar Arya kepada wartawan, Jumat (29/10/2021).

Baca Juga: Erick Thohir Ingin BUMN Lebih Agresif Bangun Infrastruktur Teknologi dan Inovasi

Selain itu, pergantian juga untuk mendorong pengembangan hilirisasi industri tambang menuju integrasi metal dan mineral secara keseluruhan di industri hulu (upstream). Tujuannya, memaksimumkan nilai yang bisa diperoleh sehingga mampu memperkuat industri pertambangan dalam negeri.

Baca Juga: Erick Thohir Akan Kembali Pangkas BUMN, Jadi Berapa?

"Comprehensive upstream dan downstream processing untuk memaksimalkan value dan nilai yg bisa diperoleh di dalam negeri sehingga terbangun industri dalam negeri yang kuat," katanya.

Alasan lain adalah, MIND ID harus menjadi motor penggerak dan inisiatif pengembangan industri electric mobility nasional yang bertujuan untuk mengurangi defisit negara akibat net import energi hingga pengurangan emisi karbon di sektor transportasi darat.

"Juga untuk mengakselerasi terciptanya ekosistem yang terintegrasi di sektor electric mobility dengan membuka peluang investasi dan kerjasama dengan player electric mobility global," ungkap Arya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini