Bandara Halim Ditutup, Kemenhub: Tergantung

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 320 2497423 bandara-halim-ditutup-kemenhub-tergantung-S0MbHNKEN4.jpg Bandara Halim (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara menegaskan rencana penutupan Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) Jakarta belum difinalisasikan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto mengatakan Bandara Halim masih pada tahap revitalisasi. Artinya, proses penutupan tergantung pada skema revitalisasi yang dilakukan.

"Jadi itu penutupan belum, saya gak bisa ngomong iya, gak. Karena kenapa? Karena bisa keseluruhan, bisa sebagian, bisa keseluruhan, itu tergantung revitalisasi," ujar Novie saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Jumat (5/11/2021).

Baca Juga: Bandara Halim Ditutup? Ini Penjelasan Kemenhub

Menurutnya, revitalisasi HLP Jakarta untuk meningkatkan faktor keselamatan penerbangan. Saat ini, pembahasan intensif dilakukan antara Kementerian Pertahanan, TNI Angkatan Udara, Kementerian Keuangan, Angkasa Pura II (Persero), hingga pemangku kepentingan lainnya.

Pembahasan konsep revitalisasi pun masih dilakukan. Baik kesiapan ihwal dampak revitalisasi yang memerlukan waktu kurang lebih 1 tahun.

Baca Juga: Pekan Ini Bandara Bali Buka Penerbangan Internasional, Menko Luhut: Hati-Hati!

"Hal ini untuk memastikan keselamatan, dan pelayanan terbaik dapat dipenuhi," katanya.

Selain itu, pemerintah juga tengah menyiapkan desain di sisi udara, seperti rekonstruksi runway dan perbaikan sistem drainase.

"Hal-hal tengah kami bahas dengan berbagai pihak," ungkap dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini