Belajar dari Kecelakaan Vanessa Angel, Ini Fakta tentang Jalan Tol di Indonesia

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Minggu 07 November 2021 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 07 320 2498001 viral-jalan-tol-di-ri-disebut-aman-pupr-beberkan-faktanya-oiuqBwzDCZ.jpg Kecelakaan Mobil Vaness Angel. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) menjelaskan soal kabar jalan tol di Indonesia tidak aman. Kementerian PUPR pun menegaskan kabar tersebut hoaks.

Anggapan tol Indonesia tidak aman tersebar setelah kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel dan Febri Ardiansyah, beberapa hari yang lalu.

Baca Juga: Vanessa Angel Kecelakaan, Cek Tips Berkendara Aman di Jalan Tol

Kementerian di bawah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ini mengatakan bahwa jalan tol di Indonesia telah melalui Uji Laik Fungsi dan Uji Laik Operasi sesuai standar manajemen dan keselamatan lalu lintas.

“Salah satu yang dicek yaitu Skin Resistence, baik beton ataupun aspal,” tulis Kementerian PUPR dalam unggahan video di Instagramnya, Minggu (7/11/2021).

Baca Juga: Belajar dari Kasus Vanessa Angel, Jalan Tol Tidak Aman untuk Kecepatan Tinggi

Kemudian, kedua jenis pembatas antar jalur sudah mempertimbangkan risiko bila terjadi kecelakaan. Seperti menggunakan median terbuka pada jalan tol dikhawatirkan pengemudi yang hilang kendali tergelincir ke jalur yang berlawanan.

Oleh sebab itu, median terbuka diganti dengan pembatas dari beton rigid, guardrail atau wire rope.

Perlu diingat rem pada kendaraan tidak bisa langsung berhenti pada kecepatan tinggi, sehingga harus jaga jarak aman antar kendaraan.

Untuk batas kecepatan di jalan tol maksimal 80 – 100km/jam. Segera berhenti dan beristirahat di rest area bila ngantuk atau lelah.

Kementerian PUPR juga berpesan untuk mematuhi peraturan lalu lintas dan selalu utamakan keselamatan.

“Selama berkendara untuk selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas, waspada dalam berkendara, dan utamakan keselamatan bukan kecepatan ya, Sahabat!” tulis Kemen PUPR dalam keterangan postingannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini