Share

Siapkan Bantuan Rp50 Juta untuk UMKM Sektor Parekraf, Sandiaga Uno: Jadi Penggerak Ekonomi

Zikra Mulia Irawati, Okezone · Senin 08 November 2021 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 320 2498588 siapkan-bantuan-rp50-juta-untuk-umkm-sektor-parekraf-sandiaga-uno-jadi-penggerak-ekonomi-4QR04conqP.jpg Sandiaga Uno (Foto: Dokumentasi Kemenparekraf)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno mendorong para pelaku ekonomi kreatif di Kota Medan dan Kota Binjai Sumatera Utara untuk mengikuti program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia untuk menciptakan lapangan pekerjaan pasca terdampak pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno usai menghadiri kegiatan Kabupaten Kota Kreatif di Medan club Jl. R.A. Kartini No.36, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara,Senin (8/11/2021).

"Hari ini ada berita baik, yaitu serapan lapangan pekerjaan semakin meningkat. Dan 70% ditopang oleh pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga Uno.

Baca Juga: Sandiaga Uno Yakin UMKM Bangkit Usai Pandemi Covid-19

Sandi menyebutkan Kemenparekraf dan pemerintah daerah setempat kongkrit melakukan endorsemen produk-produk UMKM.

"Produk UMKM ini kita pantau menurut big data ada peningkatan 35%-40%. Kita harapkan ini menjadi awal dari kota Medan melakukan proses uji petik menjadi kota kreatif sehingga ekonomi kreatif semakin bergerak dan lapangan kerja semakin bertambah," kata Sandiaga Uno.

Lebih lanjut, dia menyebutkan program gerakan nasional bangga Indonesia sudah di-launching dan ini adalah program stimulus khusus di beberapa sub sektor termasuk kuliner, kriya, fashion dan kecantikan.

"Setiap UMKM akan mendapatkan Rp50 juta masih ada sekitar 3.000-3.500 slot," ungkap Sandiaga Uno.

Dia berharap agar para pelaku ekonomi kreatif di Medan Sumatera Utara bisa ikut berpartisipasi dalam program stimulus tersebut.

"Karena ini murni program stimulus enggak pakai ribet, enggak pakai mumet, enggak pakai entar-entar, hari ini bisa diklaim, dan mudah-mudahan ini bisa menjadi penggerak ekonomi lokal untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya," jelas Sandiaga Uno.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Di Indonesia untuk program tersebut sudah dilaksanakan Kabupaten Kota Kreatif ada di 25 daerah, dan di Sumatera Utara ada dua yakni Kota Medan dan Kota Deli Serdang.

Sandiaga Uno juga menyebutkan pihaknya mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari berbagai pihak atas kunjungan terakhir di Gorontalo yang bertepatan dengan peristiwa gempa bumi.

"Terima kasih atas pesan yang disampaikan kepada kami saat kami terkena gempa di Gorontalo, kita keadaannya baik-baik saja dan dapat langsung melanjutkan kegiatan Alhamdulillah. Dan mba Wamen dalam kondisi sehat, beliau kelelahan karena acara cukup padat. Acara semakin meningkat di akhir 2021, karena seiring dengan kebangkitan, hari ini mba Wamen sudah berkegiatan seperti biasa. Terima kasih untuk doa-doa dari semua pihak untuk kami berdua," lanjut Sandiaga Uno.

Lebih lanjut Sandiaga menjelaskan pasca penurunan kasus Covid-19 kita pantau peningkatan kunjungan wisawatan secara bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan.

"Apalagi dengan beberapa event internasional yang akan kita lakukan. Kita membidik peningkatan antara 20-30%. Dan di tahun depan kunjungan wisatawan Nusantara pulih dan wisawatan mancanegara kembali terbuka dengan target sesuai kita sepakati dengan DPR RI dan Bappenas yakni 1,5-2 juta kunjungan wisatawan mancanegara. Terima kasih Horas," pungkas Sandiaga Uno.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini