Share

Melirik Potensi Cuan Emiten Ritel, Cermati 4 Saham Ini

Anggie Ariesta, Jurnalis · Rabu 10 November 2021 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 278 2499529 melirik-potensi-cuan-emiten-ritel-cermati-4-saham-ini-YqHJB6MrYm.jpg Menakar potensi saham sektor ritel hingga akhir tahun (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Peningkatan mobilitas seiring penurunan kasus covid-19 mendorong kembali sektor ritel dari akhir November 2021 sampai 2022. Alhasil, emiten sektor ritel pun menarik untuk dikoleksi.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Christine Natasya menyampaikan, optimisnya emiten ritel tumbuh pada 2022 nantinya akan menimbulkan berbagai ekspansi toko offline yang penting untuk meningkatkan permintaan fashion karena PPKM mulai landai.

Baca Juga: Menakar Cuan Saham Sektor Ritel di Penghujung 2021, Masih Layak Dikoleksi?

"Terlepas dari keyakinan kami bahwa masa depan toko online akan tetap ada bahkan ketika pandemi telah berlalu, kami pikir niat perusahaan untuk memperluas toko offline juga akan menjadi kunci pertumbuhan topline. Di bawah cakupan kami, ekspansi toko MAPI terlihat konsisten, dan secara bertahap memperluas portofolio mereknya," kata Christine dikutip Rabu (10/11/2021).

Selain PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), menurut dia ada Matahari Department Store (LPPF) yang akhirnya akan membuka 10 toko baru pada 2022 setelah penutupan besar-besaran gerai yang tidak menguntungkan, terutama dalam lima tahun terakhir.

Baca Juga: APPBI: Pengunjung Mal Mulai Ramai

"Kami percaya MAPI dan LPPF adalah penerima manfaat dari PPKM yang melandai mengingat permintaan mode meningkat karena orang mulai keluar lagi. Kami percaya ekspansi toko LPPF dan MAPI akan menghasilkan penjualan dan EBITDA yang lebih tinggi di 2022," ujarnya.

Mirae Asset Sekuritas sendiri memperkirakan LPPF akan membukukan EBITDA sebesar Rp1,4 triliun pada 2022 (45% YoY). Sementara MAPI diperkirakan membukukan EBITDA sebesar Rp4,9 triliun (+21,8% YoY) pada 2022.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Secara keseluruhan, Mirae Asset meningkatkan pandangan sektor ritel dari Netral ke Overweight karena dilihat dari daya beli populasi masyarakat Indonesia berpenghasilan menengah mulai pulih dan niat belanja mereka juga meningkat sejak pembatasan aktivitas publik yang dilonggarkan pada November 2021.

Berikut rekomendasi saham ritel yang akan berkembang di antaranya:

- Ace Hardware Indonesia ACES

- Matahari Department Store LPPF

- Ramayana Lestari Sentosa RALS

- Mitra Adiperkasa MAPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini