Share

Bill Gates Sulap Tambang Batu Bara Jadi Proyek Nuklir

Agregasi VOA, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 455 2503549 bill-gates-sulap-tambang-batu-bara-jadi-proyek-nuklir-JlRY5PNOmO.jpg Bill Gates (Foto: Reuters)

JAKARTA - Beberapa pejabat mengatakan sebuah kota kecil di negara bagian Wyoming yang selama ini menjadi lokasi tambang batu bara, akan berubah fungsi menjadi lokasi proyek eksperimen tenaga nuklir yang didukung oleh Bill Gates.

Lokasinya terletak di dekat pembangkit listrik tenaga batu bara di wilayah tersebut yang akan segera ditutup.

Perusahaan nuklir TerraPower yang berbasis di Bellevue, Washington, akan membangun pabrik natrium di Kemmerer, sebuah kota di barat daya Wyoming yang berpenduduk 2.600 jiwa di mana terdapat pembangkit listrik tenaga batu bara Naughton yang dioperasikan oleh anak perusahaan PacifiCorp Rocky Mountain Power. Pembangkit listrik tersebut dijadwalkan akan ditutup pada tahun 2025.

Baca Juga: Ketika Bill Gates Ingatkan Serangan Cacar

Selama masa pembangunannya, proyek itu akan mempekerjakan sebanyak 2.000 orang, dan 250 orang lainnya setelah beroperasi ketika pekerjaan di industri batubara menghilang.

Baca Juga: Ramalan Bill Gates Usai Covid-19, Ingatkan Serangan Cacar

Jika dapat diandalkan seperti pembangkit tenaga nuklir konvensional, maka pembangkit listrik berkapasitas 345 megawatt itu dapat menghasilkan energi ramah lingkungan yang mencukupi pasokan bagi sekitar 250.000 rumah.

Pengumuman itu muncul beberapa hari setelah para pejabat Amerika Serikat dan negara-negara lain berjanji untuk terus membatasi emisi gas rumah kaca pada pertemuan puncak perubahan iklim global di Skotlandia minggu lalu.

Gates, salah satu pendiri Microsoft dan ketua TerraPower mengumumkan rencana untuk proyek di wilayah Wyoming ini pada Juni lalu bersama beberapa pejabat dari Rocky Mountain Power, serta pejabat pemerintahan Presiden Joe Biden dan negara bagian yang memproduksi sekitar 40 persen pasokan batubara nasional. Empat kota Wyoming sedang menjalankan proyek itu setelah pengumuman tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini