Share

PPKM Level 3 di Libur Nataru Bikin Pengusaha Bingung

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 320 2504341 ppkm-level-3-di-libur-nataru-bikin-pengusaha-bingung-GpfTnedNcn.jpg PPKM Level 3 di Libur Nataru (Foto: Okezone)

JAKARTA – Para pengusaha merasa bingung dengan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh Indonesia selama libur Hari Raya Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Adapun larangan kegiatan dan penerapan PPKM level 3 di seluruh Indonesia dalam rangka memperketat pergerakan orang guna mencegah lonjakan kasus Covid-19.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Merek Global Indonesia (Apregindo) Handaka Santosa mengatakan, dengan adanya kebijakan ini para pengusaha memerlukan persiapan mulai dari karyawan hingga barang jualan.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Cair Lagi saat PPKM Level 3 Libur Nataru?

"Ini membuat bingung para pengusaha karena mereka memerlukan persiapan, bagaimana bisa mempersiapkan karyawannya, barangnya, dan lain-lain," ujarnya dalam Market Review IDX Channel, Jumat (19/11/2021).

Menurut dia, kebijakan ini kontradiksi karena di saat vaksinasi telah berjalan dengan sangat baik, kemudian pemerintah menetapkan PPKM level 3 begitu saja di seluruh Indonesia.

Baca Juga: PPKM Level 3 saat Libur Nataru, Bagaimana Syarat Perjalanan Naik Pesawat Cs?

"Kami mengapresiasi upaya pemerintah dalam program vaksinasi yang sudah sangat tinggi. Tentunya tinggal kedisiplinan dalam pelaksanaan protokol kesehatan. Tapi mengatur level 3 dengan menetapkan begitu saja, saya rasa perlu dipikirkan lebih lanjut," tuturnya.

Handaka melanjutkan, selama pandemi Covid-19, industri ritel menjadi salah satu industri yang paling terdampak karena turunnya daya beli masyarakat. Padahal industri ritel bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui konsumsi masyarakat.

"Kami bersyukur saat ini sudah mulai normal dan recovery, tetapi kami mulai deg-degan karena akan diberlakukan level 3 lagi secara serentak," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini