Siap-Siap! Perusahaan Bakal Dikenai Pajak Karbon

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Minggu 21 November 2021 04:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 320 2504891 siap-siap-perusahaan-bakal-dikenai-pajak-karbon-thP7Jhq3Tc.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkomitmen bersama negara-negara di dunia untuk menghadapi efek dari perubahan iklim.

Dengan komitmen ini, Sri Mulyani akan mengenakan pajak karbon yang diatur dalam Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP). Usulan pemungutan pajak karbon akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan roadmap.

Selain itu, memperhatikan perkembangan pasar karbon, pencapaian target Nationally Determined Contribution (NDC), serta kesiapan sektor dan kondisi ekonomi.

Menkeu mengakui pemerintah membutuhkan instrumen di dalam melaksanakan komitmen tersebut melalui perdagangan karbon (carbon trading). Hal ini diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan nilai ekonomi karbon (NEK).

“Bapak Presiden di dalam Pertemuan COP26 di Glasgow telah menyampaikan komitmen Indonesia untuk menjadi warga dunia untuk menanggulangi climate change. Komitmen ini sudah dari presiden ke presiden karena dari Kyoto Protocol sampai dengan sekarang,” kata Menkeu dalam Kick Off Sosialisasi UU HPP.

Baca Selengkapnya: Sri Mulyani Kenakan Pajak Karbon, Begini Mekanismenya

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini