Waspadai Modal Asing Kabur, Sri Mulyani: Dampaknya ke Indonesia

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 320 2505997 waspadai-modal-asing-kabur-sri-mulyani-dampaknya-ke-indonesia-U4SyJuVJQG.jpg Sri Mulyani (Foto: Dok Kemenkeu)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mewaspadai keluarnya modal asing dari Indonesia akibat kondisi perekonomian global yang masih dihantui ketidakpastian.

"Ini perlu diwaspadai karena dampaknya ke seluruh dunia termasuk Indonesia karena kalau itu terjadi di negara-negara maju, mereka (negara maju) akan dipaksa pengetatan moneter dan capital outflow dan pengetatan nilai tukar," ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Selasa (22/11/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani Waspadai Modal Asing Kabur dari RI

Saat ini kondisi ekonomi global masih sangat dipengaruhi pandemi Covid-19, kebijakan Amerika Serikat, hingga dampak krisis energi Eropa.

Sri Mulyani mengatakan, dinamika perekonomian global membawa risiko disrupsi suplai dan aliran modal. Hal ini bisa menyebabkan modal asing bakal kabur dan menekan nilai tukar Rupiah.

Menurutnya, saat ini negara maju mengalami kenaikan inflasi serta kenaikan harga komoditas.Apalagi, beberapa negara menaikkan defisitnya pada keuangan negara.

"Negara maju dalam pilihan sulit," katanya.

Sri Mulyani menambahkan, Indonesia tidak bisa mengontrol kondisi global. Namun pemerintah dapat mengatur kebijakan fiskal untuk merespons perkembangan kondisi itu.

"Dalam proses pemulihan ini lingkungan global tidak statis, dinamis, atau cenderung volatil," ujarnya.

Selain itu, Indonesia harus mampu terus menjaga pulihnya permintaan (demand) tanpa membawa dampak inflasi berlebih. Menurutnya, saat ini muncul risiko disrupsi suplai (supply disruption) ketika perekonomian nasional tumbuh, tetapi sejalan dengan kondisi global bahwa terdapat potensi kenaikan inflasi.

"Kita perlu waspada supply disruption, apabila demand lebih cepat dari supply-nya, ini membentuk demand side inflation," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini