Melihat Penampakan Pabrik Semen Pertama di Asia Tenggara

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 21:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 320 2506794 melihat-penampakan-pabrik-semen-pertama-di-asia-tenggara-qNZnqImjUA.jpg Pabrik Semen Terbesar (Foto: Okezone)

PADANG - Pabrik semen pertama di Asia Tenggara ternyata ada di Indonesia. Pabrik tersebut berada di area pabrik PT Semen Indonesia, Indarung, Sumatera Barat, Padang.

Pabrik semen ini didirikan pada Maret 1910 dengan nama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappij (NV NIPCM). Pabrik ini memiliki kapasitas produksi 22.800 ton dengan 5 KILN atau tempat produksi menjadi semen.

pabrik semen21

Okezone berkesempatan melihat langsung pabrik pertama di Asia Tenggara ini, Rabu (24/11/2021). Di area PT Semen Indonesia, terlihat bangunan-bangunan kuno Pabrik Indarung I.

Baca Juga: Siap-Siap! Perusahaan Bakal Dikenai Pajak Karbon

Meski tak lagi beroperasi, Pabrik semen peninggalan Belanda ini masih kokoh. Tempat produksi semen di KILN masih ada, begitu juga bangunan operasional lainnya.

Karena bangunan yang menarik, Pabrik Semen Indarung I dijadikan Induatrial Heritage. Masyarakat dapat melihat langsung pabrik yang menjadi pionir industri semen dalam negeri.

semen21

Mengutip data Semen Indonesia, pada 5 Juli 1958 Perusahaan pengelola NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappij di nasionalisasi oleh Pemerintah Indonesia dari Pemerintah Belanda.

Baca Juga: Buka GIIAS 2021, Menko Airangga: Dorong Berbagai Industri

Selama periode ini, Perusahaan mengalami proses kebangkitan kembali melalui rehabilitasi dan pengembangan kapasitas pabrik Indarung I menjadi 330.000 ton/ tahun.

Selanjutnya pabrik melakukan transformasi pengembangan kapasitas pabrik dari teknologi proses basah menjadi proses kering dengan dibangunnya pabrik Indarung II, III, dan IV.

Pada 1995, Pemerintah mengalihkan kepemilikan sahamnya di PT Semen Padang ke PT Semen Gresik (Persero)Tbk bersamaan dengan pengembangan pabrik Indarung V. Pada saat ini, pemegang saham Perusahaan adalah PT Semen Indonesia (Persero)Tbk dengan kepemilikan saham sebesar 99,99% dan Koperasi Keluarga Besar Semen Padang dengan saham sebesar 0,01 %.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk sendiri sahamnya dimiliki mayoritas oleh Pemerintah Republik Indonesia sebesar 51,01%. Pemegang saham lainnya sebesar 48,09% dimiliki publik. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk merupakan perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini