Covid-19 Bikin Penjualan Batik Jadi Tumpukan Ribuan Kain

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 320 2507365 covid-19-bikin-penjualan-batik-jadi-tumpukan-ribuan-kain-Kv0lnHA5rt.jpg Penjualan Batik di Covid-19 (Foto: Okezone)

PADANG - Penjualan batik sepanjang pandemi sangat brrdampak. Hal tersebut dirasakan penjualan Rumah Kain dan Batik Tanah Liek, Padang.

Owner Rumah Kain dan Batik Tanah Liek, Fitra Lusia mengungkapkan bahwa selama pandemi kain batik hanya ditumpuk di galeri. Penjualan pun sangat turun dari kondisi normal.

"Covid sangat berdampak. Penjualan turun 20-30%. Barang ditumpuk sampai ribuan," ujarnya, di Padang, Kamis (24/11/2021).

Baca Juga: Siap-Siap! Perusahaan Bakal Dikenai Pajak Karbon

Dirinya mengaku dalam kondisi normal penjualan batik bisa mencapai Rp200 juta per bulan. Adapun harga batik di Rumah Kain dan Batik Tanah Liek berkisar Rp200 ribu hingga Rp5 juta.

"Alhamdulillah dua sampai tiga bulan ini mulai ramai. Dulu penjualam bisa Rp200 juta, sekarang sudah Rp100 juta," ujarnya.

Dia mengungkapkan, batiknya mayoritas dijual di dalam negeri. Meski sebelum pandemi sudah dikirm ke Malaysia hingga Qatar.

Baca Juga: Buka GIIAS 2021, Menko Airangga: Dorong Berbagai Industri

"Lebih banyak domestik, batik kita dijadikan sovenir. Lalu ada seragam dinas,"ujarnya.

Batik dari Padang

Batik buatan Fitra memiliki ciri khas tersendiri. Batik tanah liek seperti namanya menggunakan tanah liat sebagai pewarna dasar. Ada beberapa tahap yang dilakukan sehingga menghasilkan batik.

Hal menarik lain dari Batik ini adalah penggunaan pewarna alami dari getah kulit buahan. Proses ini disebut mencolet.

Warna yang diaplikasikan beragam, sesuai keinginan pemesan. Selanjutnya, dilakukan pengikatan warna menggunakan larutan kimia. Lalu kain direbus dalam sebuah wadah untuk melulurkan lilin. Tahap terakhir, kain dibilas dan dijemur ditempat teduh.

"Butuh waktu sepekan hingga sebulan untuk mengerjakan satu helai batik tanah liek. Lamanya pengerjaan tergantung dari kerumitan motif dan warna kain yang ingin diaplikasikan," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini