Industri Teknologi China Akan Hadapi 5 Masalah Ini di 2022

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 01:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 320 2507479 industri-teknologi-china-akan-hadapi-5-masalah-ini-di-2022-djq5vKI03A.jpg Industri Teknologi di China. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - China bersiap menghadapi berbagai tantangan di sektor teknologi di 2022. Dengan aturan yang diperketat, sektor teknologi yang sejak tahun lalu mengambil alih perekonomian China harus kehilangan miliaran dollar.

Dikutip dari CNBC, Jumat (26/11/2021), setidaknya akan ada 5 isu yang akan dihadapi sektor ini. Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Penumpasan Teknologi China

November 2020 lalu, IPO perdana raksasa fintech Ant Group ditangguhkan. Setelah itu, Beijing memperkenalkan banyak aturan baru di berbagai bidang mulai dari antimonopoli untuk platform internet hingga undang-undang perlindungan data yang didukung.

Baca Juga: China Dilanda 'Resesi Seks', Masalah Serius yang Ancam Pertumbuhan Populasi

Raksasa e-commerce Alibaba dan perusahaan pengiriman makanan Meituan telah menghadapi denda antimonopoli. Berbagai perusahaan teknologi merasa terbebani termasuk Alibaba yang merugi sebesar 41%.

2. Semikonduktor

Persaingan teknologi antara AS dan China yang masih berlangsung telah menambah urgensi bagi Beijing untuk meningkatkan swasembada di berbagai sektor. Salah satunya adalah semikonduktor, yang sangat penting untuk segala hal mulai dari mobil hingga ponsel.

Baca Juga: Resesi Seks Ancam China, Apa Itu?

Namun, China tengah berupaya mengejar ketertinggalannya dengan AS dan negara-negara lain. Hal itu terjadi karena barang yang menjadi semikonduktor rantai pemasokannya berasal dari negara lain.

3. Teknologi Garis Terdepan

Teknologi yang dianggap Beijing sebagai garis terdepan adalah Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan dan perjalanan ke luar angkasa. Mereka berambisi untuk mengirim seorang kru ke Mars 2023 mendatang.

4. Kendaraan Listrik

Teknologi lain yang sedang berusaha dikembangkan oleh China adalah kendaraan listrik. Teknologi ini akan menyukseskan misi pengurangan emisi karbon yang menyebabkan perubahan iklim.

Pada paruh pertama tahun ini, sebanyak 1,1 juta unit kendaraan listrik buatan China telah terjual. Berdasarkan data dari Canalys, China adalah pasar kendaraan listrik terbesar di dunia.

5. Perekonomian China yang Melambat

Para raksasa teknologi China kini harus berdamai dengan perekonomian yang melambat. Sejumlah faktor termasuk kekurangan daya dan upaya untuk mengendalikan ekspansi yang didorong oleh utang di sektor real estat telah menambah tantangan ekonomi lainnya.

Salah satu perusahaan besar yang telah mengalaminya adalah Alibaba. Mereka mulai berhati-hati dalam menyaring hasil keuangan perusahaan bahkan memangkas panduan pendapatannya untuk tahun fiskal ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini