Share

Ini Alasan Perlu Punya Rekening Bersama Pasangan

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Minggu 28 November 2021 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 622 2508530 ini-alasan-perlu-punya-rekening-bersama-pasangan-jKkDaiZBas.jpg Alasan Perlu Punya Rekening Bersama Pasangan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Alasan perlunya membuat rekening tabungan bersama pasangan setelah menikah. Karena dengan mempunyai rekening bersama, tujuan finansial pasangan akan tercapai.

“Jangan panik! Memang tujuan keuangan setelah nikah rasanya bertumpuk, tapi kalau dijalanin berdua bakalan lebih tenang kok. Itu sebabnya, sebagai pasangan bagus banget jika mau membuat beberapa rekening bersama. Tujuannya supaya gaji ga lari entah kemana,” tulis perencana keuangan dan CEO Zap Finance Prita Hapsari Ghozie dalam akun Instagram pribadinya @pritaghozie, Minggu (28/11/2021).

 

Baca Juga: Perlukah Suami Istri Miliki Rekening Bersama?

Menurutnya, ada tiga rekening wajib bersama pasangan yang bagus untuk dibuat. Mulai dari rekening untuk memenuhi kebutuhan rutin bulanan, hingga rekening bersama untuk tujuan finansial.

“Ini dia 3 rekening bersama pasangan yang bagus untuk #temanPrita buat,” tulis Prita.

Berikut tiga rekening wajib bersama pasangan yang bagus untuk dibuat:


1. Rekening Bersama untuk Memenuhi Kebutuhan Rutin Bulanan

Kebutuhan untuk keperluan rumah tangga atau Living seperti:

- Pengeluaran makan, gas, listrik, asisten rumah tangga.

- Cicilan pinjaman.

- (nantinya) uang sekolah anak.

Intinya, rekening ini diisi 50% dari penghasilan masing-masing.

2. Rekening Bersama untuk Dana Darurat

Pengeluaran darurat yang bersifat musibah dapat terjadi kepada siapa pun. Bisa saja ada kebutuhan biaya kesehatan yang harus dibayarkan oleh istri, padahal suami sedang berada di luar kota.

Nah, daripada cari pinjaman online, akan lebih baik jika pengeluaran ini dibayarkan dari rekening bersama. Alternatifnya, bisa juga dibantu bayar talangan dengan kartu kredit, tapi langsung segera lunas saat tagihan datang dari rekening dana darurat ini. Kontribusinya sebisa masing-masing aja, yang penting segera terkumpul jadi ideal.

3. Rekening Bersama untuk Tujuan Finansial

 

Dengan komitmen sebagai keluarga, maka pencairan hasil menabung dan investasi akan masuk ke rekening dana bersama. Penarikannya pun baru dapat dilakukan dengan persetujuan kedua belah pihak. Sehingga, kecil kemungkinan penggunaan dana ditujukkan untuk kebutuhan selain dari yang sudah direncanakan bersama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini