Share

PNS Bakal Digantikan Robot, Tjahjo Kumolo: Efisiensi Anggaran

Dita Angga R, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 320 2509547 pns-bakal-digantikan-robot-tjahjo-kumolo-efisiensi-anggaran-gcD2YwpYPD.jpg Menpan RB soal PNS Digantikan Robot (Foto: Dok PANRB)

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo buka-bukaan soal rencana PNS digantikan dengan kecerdasan buatan atau robot.

Bahkan, BKN sudah memetakan formasi PNS mana saja yang akan digantikan robot. Apalagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyinggung ini pada 2019 yang ingin mengganti beberapa jabatan birokrasi dengan artificial intelligent (AI).

“Ujungnya efektivitas kerja, kolaborasi dan efisiensi anggaran dan fokus program kerja,” kata Tjahjo Kumolo saat dihubungi, Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Digantikan Robot, Negara Tak Perlu Gaji PNS?

Tjahjo menambahkan, bahwa saat ini pemerintah sedang menyiapkan super apps sebagai bagian digitalisasi di pemerintahan. “Sedang disusun konsep dan super apps. (Juga) Inovasi-inovasinya,” ujarnya.

Super Apps ini memungkinkan penggabungan berbagai aplikasi yang ada di pemerintahan. Seperti diketahui super apps memungkinkan penyediaan beragam layanan dalam satu aplikasi.

“Ya benar (penggabungan aplikasi). Aplikasi yang cepat,” katanya.

Tjahjo menyebut bahwa ke depan rekrutmen PNS tetap akan didasarkan pada kebutuhan yang ada. Namun dia memastikan bahwa pemerintah akan memperbanyak super apps atau inovasi teknologi.

“Ke depan kebutuhan PNS sesuai kebutuhan dan memperbanyak Super Apps atau inovasi,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini