Korpri: PNS Tak Berkualitas Digantikan Robot

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 320 2510024 korpri-pns-tak-berkualitas-digantikan-robot-AllK5RFU5g.jpg PNS Diganti Robot (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Zudan Arif Fakrullah memberikan penjelasan soal terkait fungsi PNS digantikan oleh robot ataupun mesin.

Menurutnya PNS yang berkualitas tidak akan tergantikan oleh apapun.

“PNS yang berkualitas tidak akan tergantikan oleh robot ataupun mesin. Tetapi kalau PNS yang engga berkualitas ya pastilah tergantikan. Ini untuk memotivasi dan memacu para ASN agar menjadi ASN yang berkualitas,” katanya, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: PNS Masa Depan Itu Robot

Zudan mengakui bahwa adanya perkembangan teknologi membuat beberapa pekerjaan dapat digantikan oleh mesin atau robot. Terutamanya pekerjaan-pekerjaan yang bersifat mekanistik dan rutin.

Namun begitu dia mengatakan banyak hal yang tidak bisa digantikan oleh robot atau mesin saat ini. Misalnya hal-hal yang berkaitan dengan empati, kerjasama, dan kemanusiaan.

Baca Juga: PNS Diganti Robot untuk Efektivitas dan Efisiensi

“Oh ya dalam banyak hal PNS itu tidak tergantikan. Misalnya untuk mengambil keputusan terhadap pengelolaan keuangan, untuk penanggulangan bencana, untuk membantu masyarakat. Banyak hal ga bisa tergantikan,” tuturnya.

Zudan mengungkapkan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya robot atau teknologi. Menurutnya hal ini hal ini harus memicu para ASN untuk terus belajar agar fungsinya tidak tergantikan oleh mesin.

“Jadi ASN juga ga perlu khawatir. Banyak pekerjaan yang tidak bisa tergantikan mesin atau robot tetapi ada hal-hal yang bisa digantikan oleh mesin atau robot. Maka ASN harus belajar terus agar fungsinya ga tergantikan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini