Share

Konsolidasi Aset, MNC Studios International Jadi Grup Digital Entertainment Terbesar di Indonesia

Sevilla Nouval Evanda, Okezone · Jum'at 03 Desember 2021 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 278 2511217 konsolidasi-aset-mnc-studios-international-jadi-grup-digital-entertainment-terbesar-di-indonesia-Yv3JFZlfBk.jpg Konsolidasi Aset MNC Studios. (Foto: Okezone.com/MNC)

JAKARTA - PT MNC Studios International Tbk (MSIN), anak perusahaan dari PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) mengambil langkah strategis dalam rangka untuk menciptakan Grup digital entertainment terbesar di Indonesia. Langkah strategis dari MSIN ini, akan mencakup masuknya super-app AVOD terbesar di Indonesia, RCTI+ dan SVOD OTT, Vision+ menjadi bagian dari Perseroan.

Selain itu, milestone penting dalam perjalanan digital Grup ini akan berperan sebagai sebuah batu loncatan untuk memperdalam pemahaman dan preferensi konsumsi pemirsa Indonesia di semua platform digital, memperkuat kemampuan MSIN untuk memberikan masyarakat dengan konten – konten yang lebih relevan dan secara substansial meningkatkan daya saingnya untuk menghasilkan konten yang lebih baik di masa depan.

Baca Juga: Laba Bersih MNC Studios (MSIN) Meroket 70% Jadi Rp211,2 Miliar

Konsolidasi tersebut juga akan mencakup enam portal MNCN, yaitu okezone.com, sindonews.com, inews.id, celebrities.id, idxchannel.com, dan sportstars.id. Platform digital terakhir yang akan menjadi bagian dari MSIN adalah BuddyKu, platform berita berbasis AI yang baru saja dirilis ke pasar Indonesia sebagai platform ekosistem konten yang menemukan cara baru dalam portal berita dan pembuatan konten bagi para content creator secara menyeluruh, baik yang berasal dari Grup, publisher lain, dan konten yang dihasilkan oleh pengguna.

Baca Juga: MNC Studios (MSIN) Gandeng Garena Indonesia Produksi Free Fire Master League

MSIN merupakan Perseroan yang dipilih sebagai entitas untuk konsolidasi ini, karena merupakan perusahaan produksi konten terbesar untuk platform digital dan non-digital yang memproduksi berbagai jenis genre konten seperti drama, reality show, animasi, infotainment, film, dan banyak lainnya. Selain itu, Perseroan juga mendominasi pangsa pasar produksi untuk masing-masing kategori tersebut.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kapasitas produksi konten drama milik Perseroan mencapai 2.121 jam sampai dengan bulan September 2021, yang mewakili sebesar 37,1% dari total produksi drama di Indonesia.[1] Drama senantiasa menjadi genre konten yang paling diminati di tanah air. Perseroan telah menghasilkan berbagai drama seri dengan pencapaian yang sangat luar biasa seperti Ikatan Cinta, Putri Untuk Pangeran, dan masih banyak lagi. Konten animasi juga telah memberikan kontribusi besar bagi Perseroan. Perseroan telah berhasil menghasilkan banyak IP sukses, dengan pangsa pasar produksi konten animasi sebesar 42,6%, yang telah diekspor ke lebih dari 60 negara.

Selain itu, MSIN juga mendominasi pangsa pasar produksi reality show dan infotainment, yang masing-masing memperoleh pangsa pasar produksi sebesar 47% dan 32%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini