Share

Kelangkaan Kontainer, Jokowi: Hati-Hati Jangan Anggap Remeh

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 320 2511330 kelangkaan-kontainer-jokowi-hati-hati-jangan-anggap-remeh-7bSk4NNEXh.jpeg Presiden Jokowi waspadai kelangkaan kontainer (Foto: Shutterstock)

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti kelangkaan kontainer yang diakibatkan pandemi covid-19. Menurutnya, pandemic menyebabkan terjadinya inflasi, kelangkaan kontainer dan energi, hingga kenaikan harga produsen.

Baca Juga: Kapolres Datangi Ormas Pembuat Keributan, Jokowi: Jangan Gadaikan Kewibawaan Polri ke Pelanggar Hukum

Kepala Negara ingin jajaran Kepala Kesatuan Wilayah (Kasatwil) mengantisipasi dampak tersebut karena bisa lari ke sektor sosial: keamanan-ketertiban masyarakat.

"Pandemi juga berefek pada langkanya kontainer, hati-hati langkanya kontainer artinya distribusi barang ke sebuah negara, ke sebuah pulau, ke sebuah kota, provinsi bisa terganggu. Jangan dianggap remeh hal hal seperti ini," ucap Jokowi saat memberi arahan Kasatwil 2021 di Bali, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: Tegur Polisi, Jokowi : Saya Dihina Sudah Biasa, Ada Mural Aja Takut, Ngapain?

Jokowi juga menyoroti kelangkaan energi di mana sejumlah negara mulai mengalaminya. Kemudian pandemi juga berdampak pada inflasi yang menyebabkan turunnya daya beli masyarakat.

"Masyarakat mau beli sesuatu yang biasanya 10 menjadi 15. Yang 10 menjadi 12. Menjadi mahal. Hati-hati juga urusan inflasi. Jajaran Polri harus juga tau mengenai ini," imbuhnya.

Pandemi, sambung dia, juga menyebabkan kenaikan harga produsen yang berdampak pada kenaikan harga konsumen. "Artinya biaya di produksi pabrik, di manufaktur, di industri naik. Kelihatannya gak berdampak apa-apa kenaikan biaya produsen. Hati hati. Kalau harga di produsen naik larinya harga di konsumen juga naik masyarakat jadi berat membeli sesuatu, dampak pandemi ini ke mana-mana," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini