Tarif Listrik Naik Bikin PLN Sehat?

Athika Rahma, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 320 2511497 tarif-listrik-naik-bikin-pln-sehat-Bqdo9N5eX7.jpg Listrik Naik (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan naikkan tarif adjustment (penyesuaian tarif) bagi pelanggan listrik non subsidi. Ada 13 golongan pelanggan yang bakal terdampak jika rencana ini diterapkan.

Menurut Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia Mamit Setiawan, pemerintah memang berada di kondisi serba salah terkait penerapan rencana ini.

Baca Juga: Tarif Listrik Naik, Komisi VII Peringatkan PLN

"Terakhir kali tarif listrik di adjusment itu tahun 2017, padahal variable dalam penentuan tarif dasar listrik (TDL) yaitu ICP (Indonesia Crude Price), kurs mata uang rupiah terhadap dolar, inflasi juga HBA (Harga Batubara Acuan) berubah terus," kata Mamit kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (3/12/2021).

Tidak adanya kenaikan tarif sejak 2017 namun variabel penentuan TDL terus berfluktuasi tentu berpengaruh terhadap anggaran pemerintah. Sejak 2017, pemerintah memberikan kompensasi Biaya Pokok Penyediaan (BPP) listrik kepada PLN.

Baca Juga: Tarif Listrik 13 Golongan Segera Naik

"Pemerintah juga sepertinya sudah agak kesulitan dalam membayar dana kompensasi kepada PLN. Dengan penyesuaian ini, saya kira bisa membantu keuangan PLN dan keuangan negara juga," kata Mamit.

Dirinya berharap, kondisi ekonomi masyarakat kembali pulih di tahun depan agar kenaikan tarif listrik tersebut tidak memberatkan mereka.

"Terkait dengan nilai kenaikannya, saya belum bisa pastikan karena sepertinya masih digodok PLN dan kementerian terkait. Mudah-mudahan tidak terlalu tinggi," ujar Mamit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini