Share

Tips Atur Gaji Rp2 Juta, Ternyata Masih Bisa Nabung! Begini Hitung-hitungannya

Zikra Mulia Irawati, Okezone · Jum'at 03 Desember 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 622 2511255 tips-atur-gaji-rp2-juta-ternyata-masih-bisa-nabung-begini-hitung-hitungannya-0fRsMZGFad.jpg Tips Atur Gaji (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tips mengatur gaji perlu diketahui oleh para pekerja. Saat gaji terasa kurang, bukan melulu nominal gaji yang jadi penyebabnya. Namun, kemampuan pemilik gaji dalam mengelolanya terkadang masih belum optimal.

Misalnya saja gaji Rp2 juta. Akun TikTok @salsalo** membagikan cara agar gaji tersebut bisa memenuhi biaya hidup. Dia membagi gaji tersebut ke dalam tiga pos, yaitu kebutuhan, keinginan, dan tabungan.

“Kita di sini anggarin untuk kebutuhan itu 50%. Kebutuhan ini bisa untuk makan, transportasi dari rumah ke kerjaan atau ke kantor, bayar listrik, atau sewa tempat tinggal,” katanya, dikutip pada Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini saat Merasa Gaji Tak Cukup

Setelah dihitung, 50% dari gaji tersebut untuk pos kebutuhan adalah Rp1 juta. Melihat anggarannya, pemilik gaji harus pandai-pandai berhemat agar bisa bertahan hidup.

Selanjutnya yaitu pos keinginan dengan persentase 30%. Dengan angka tersebut, anggaran yang didapatkan adalah Rp600 ribu. Pos ini dapat digunakan untuk membeli barang-barang yang menjadi keinginan, seperti membeli baju baru atau membeli makanan di luar.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pos terakhir yaitu pos tabungan atau investasi. Pos ini penting terutama untuk dana darurat. Setidaknya 20% gaji harus dianggarkan. Dengan demikian, budget yang tersedia untuk tabungan adalah Rp400 ribu.

“Disclaimer, tiap kebutuhan beda-beda, ya. Jadi dilihat juga dari kebutuhannya,” ujar dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini