Share

Ini Lho Resolusi Bagi Milenial agar Bisa Merdeka Finansial

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Senin 06 Desember 2021 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 11 2512587 ini-lho-resolusi-bagi-milenial-agar-bisa-merdeka-finansial-foVxLBqIF0.jpg Foto: DOK Instagram @lps_idic

Bagi kamu, kaum milenial, masa produktif harus dimanfaatkan untuk menyusun dan merencanakan keuangan sedini mungkin. Merdeka finansial bisa dimaknai berbeda, tergantung kebutuhan. Kamu yang menganggap merdeka secara finansial itu lepas dari jeratan hutang, bisa mengatur keuangan dengan baik, atau keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

Agar masa depan bisa hidup tenang dan nyaman, maka harus sudah merdeka secara finansial. Bicara soal resolusi atau bebas finansial bisa jadi salah satu list resolusi, khususnya untuk para milenial. Hal ini mengingat banyak yang menyebut gaya hidup milenial bisa mempersulit untuk mendapatkan finansial yang stabil.

Untuk bisa merdeka secara finansial memang bukan hal yang mudah. Namun, hal tersebut bisa dilakukan jika kamu terus konsisten dalam mengatur finansial. Nah, buat kamu yang mau merdeka secara finansial, ini lho resolusi bagi milenial agar bisa merdeka finansial. Yuk, disimak:

1. Alokasikan gaji

Kalau sudah gajian, jangan gunakan uang cuma buat berfoya-foya. Prioritaskan 50% penghasilanmu untuk kebutuhan pokok. Kebutuhan pokok itu termasuk biaya makan, listrik, air, kos buat yang ngekost, membeli peralatan mandi, bayar BPJS, dan asuransi kesehatan. Hindari untuk menambah 50% itu ya, kalau bisa kurang, lebih bagus lagi, ya.

2. Sisihkan untuk dana darurat

Jangan sepelekan hal yang satu ini ya. Dana darurat perlu kamu punya, ya. Namanya juga darurat, kamu tidak akan tahu kapan terjadinya. Daripada harus berhutang saat kejadian darurat, pas saat lagi tidak punya uang.

Setidaknya kamu harus punya dana darurat hingga 6 kali anggaran kebutuhan pokok bulananmu. Misalnya, Anda punya gaji Rp 5 juta, Rp 2,5 juta dialokasikan untuk kebutuhan pokok, artinya kamu harus punya Rp 15 juta untuk dana darurat.

BACA JUGA: Patut Dicoba, Rekomendasi Investasi dengan Modal Kecil

3. Mulailah berinvestasi

Mulai sekarang buang jauh-jauh pemikiran kalau investasi itu ribet. Kamu bisa pilih tabungan emas, deposito, atau tabungan berjangka. Biarpun keuntungan dari emas gak secepat investasi lain, nilai emas jarang sekali turun. Sementara itu, deposito dan tabungan berjangka bisa memberi bunga 3-6 persen per tahun. Deposito dan tabungan berjangka juga sudah dilindungi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), lho.

4. Menambah sumber pendapatan

Mencari penghasilan tambahan merupakan cara cerdas untuk menyehatkan keuangan di masa pandemi yang masih berlangsung. Nah, dengan adanya penghasilan tambahan memungkinkan Anda untuk mendapat tambahan uang yang bisa digunakan untuk menabung maupun investasi.

Selain kerja sampingan, ada pula usaha atau bisnis sampingan. Bisa dikatakan, penghasilan dari usaha sampingan bisa jauh melebihi kerja sampingan, namun begitu pula dengan risikonya. Selain waktu, pikiran, dan tenaga, usaha sampingan tentu membutuhkan modal. Kekurangan modal bisa saja memaksa Kita menggunakan dana pribadi untuk menjaga kelangsungan usaha.

Itulah keempat resolusi keuangan bagi milenial, yang bisa membantu mencapai kemerdekaan finansial. Di samping resolusi keuangan di atas, sebagai informasi, LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), bagian dari otoritas regulator di industri perbankan, hadir untuk memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap industri perbankan nasional melalui program penjaminan simpanan.

 

Foto. Instagram @lps_idic

Jadi, kamu menyimpan uang di bank, LPS akan menjamin simpanan nasabah bank dan turut aktif dalam menjaga stabilitas sistem perbankan sesuai kewenangannya.

LPS menjamin simpanan nasabah bank yang berbentuk tabungan, deposito, giro, sertifikat deposito, dan bentuk lain yang dipersamakan dengan itu. Agar simpanan dijamin, dihimbau kepada para nasabah bank untuk memenuhi syarat 3T penjaminan LPS.

Pertama, tercatat pada pembukuan bank. Kedua, tingkat bunga simpanan tidak melebihi bunga penjaminan LPS. Ketiga, tidak menyebabkan bank menjadi bank gagal (misalnya memiliki kredit macet). Untuk memastikan simpanan Anda sudah aman bisa cek di link berikut ini simulasi-kalkulator-3t-lps.

Karena itulah, kamu tak perlu was-was lagi, sebab LPS akan menjamin uang nasabah di bank aman. Nah, bagi kamu yang menyimpan uang di bank tidak perlu lagi khawatir, ya. Sebab, LPS menjamin simpanan nasabah penyimpan dan ikut serta dalam memelihara stabilitas sistem perbankan. Ingat nabung, Ingat LPS!

CM

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(FDA)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini