Ini Dalang Pemotongan Anggaran MPR! Kepala Bappenas Ngaku, Langsung Dimarahi Sri Mulyani

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 320 2512754 ini-dalang-pemotongan-anggaran-mpr-kepala-bappenas-ngaku-langsung-dimarahi-sri-mulyani-lJW5AeHh3I.jpg Bukan Sri Mulyani, Ini Dalang Pemotongan Anggaran MPR (Foto: Dok Kemenkeu)

JAKARTA - Dalang pemotongan anggaran MPR akhirnya terungkap. Bukan Menteri Keuangan Sri Mulyani, melainkan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Suharso mengaku, pihaknya telah memangkas anggaran MPR. Selama ini publik menilai Sri Mulyani yang memangkas anggaran MPR, nyatanya hal tersebut keliru.

โ€œSelama ini orang enggak tahu yang potong (anggaran) kita di Bappenas, bukan Kemenkeu. Yang potong anggaran di Bappenas,โ€ ujar Suharso dalam video virtual, Jakarta, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: Alasan Sri Mulyani Potong Anggaran MPR demi Bansos Rakyat Miskin, Yakin Mau Dipecat?

Dia menjelaskan, pemotongan anggaran tersebut dilakukan karena anggaran terbatas, sehingga, pemerintah harus bisa mengatur anggaran sesuai dengan dana yang dimiliki di situasi pandemi Covid-19.

"Karena amplopnya diberi segitu, kita harus melakukan sedemikian rupa. Amplopnya cuma diberi satu, kalau amplopnya ada dua atau tiga bisa lah (anggaran lebih banyak),โ€ katanya.

Suharso akhirnya dimarahi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani karena pihaknya disalahkan atas pemotongan anggaran MPR.

"Waktu saya duduk langsung ditembak sama Bu Sri Mulyani dia bilang itu yang motong, saya yang kena," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memecat Sri Mulyani dari jabatannya. Salah satu alasannya karena pemotongan anggaran MPR.

Fadel juga mengungkapkan sejumlah kekecewaan lainnya terhadap kinerja Sri Mulyani. Beberapa contohnya, seperti Sri Mulyani tidak menepati janji terkait jumlah pelaksanaan kegiatan empat pilar, serta membatalkan kehadiran dalam rapat dengan MPR secara tiba-tiba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini