Share

Jakarta Kembangkan Produk UMKM, Menko Luhut: Contoh untuk Daerah Lain

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 08:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 455 2512438 jakarta-kembangkan-produk-umkm-menko-luhut-contoh-untuk-daerah-lain-ZRscHJSrhk.jpg Jakarta Jadi Tolak Ukur Pengembangan UMKM. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA— Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Jakarta harus menjadi tolak ukur berbagai daerah di Indonesia. Termasuk dalam pengembangan produk lokal.

Menko Luhut menilai Jakarta memiliki potensi yang berdampak positif untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM di berbagai daerah.

Baca Juga: Menparekraf Bangkitkan Produk Ekraf Lokal Lewat Urban Sneaker Society

“Saya yakin BBI dapat memberikan dampak positif, dimana DKI Jakarta berbeda dengan daerah lainnya, sebagai ibu kota negara harus mampu mempresentasikan contoh kemajuan di berbagai aspek (termasuk UMKM),” kata Menko Luhut dalam keterangan resmi yang diterima MPI dikutip, Senin(6/12/2021).

Oleh karena itu, Jakarta harus menjadi toal ukur daerah lainnya dalam mengembangan potensi lokal yang dimiliki.

Baca Juga: Lihat-Lihat Sepatu Lokal, Erick Thohir: Keren Banget

“Pada kesempatan ini kami berterima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajaran yang mendukung gernas BBI, saya berharap ini bisa berkontribusi secara signifikan terhadap jumlah umkm yang on boarding atau memanfaatkan platform online pada 2023,” urainya.

Menko Luhut meminta kepada seluruh jajaran pemerintah daerah untuk meningkatkan UMKM secara berkelanjutan.

"Bali, Sumut, NTB, Jabar, Jateng, NTT, Sulut, Jatim, Aceh, Kaltim, Maluku, dan DKI Jakarta harus menjadi contoh bagi daerah lain dalam pengembangan produk UMKM dan IKM produk artisan Indonesia,” Pungkasnya.

Dengan demikian, Menko Luhut menghimbau kepada seluruh pemimpin daerah unthk memberi anggaran yang cukup untuk tingkatkan kapasitas ekspor, karena sektor ini bisa menciptakan lapangan kerja yang besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini