Share

Bandara Kualanamu Bisa Saingi Changi dan KLIA?

Zikra Mulia Irawati, Okezone · Selasa 07 Desember 2021 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 320 2513330 bandara-kualanamu-bisa-saingi-changi-dan-klia-uPM0KUvdgm.jpg Bandara Kualanamu bakal saingi Bandara Changi dan KLIA (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bandara Kualanamu dinilai berpotensi untuk menyaingi Bandara Changi Singapura dan Bandara Internasional Kuala Lumpur. Hal ini seiring dengan konsesi antara PT Angkasa Pura II dengan GMR Airports Consortium.

GMR airport sendiri merupakan perusahaan operator beberapa bandara yang dimiliki sebagian sahamnya oleh perusahaan operator jaringan bandara terkemuka asal perancis yaitu Aeroports De Paris (ADP). Kerja sama ini akan membentuk perusahaan patungan bernama Angkasa Pura Aviasi, yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Angkasa Pura II.

Baca Juga: Dikelola Perusahaan India, Bandara Kualanamu Siap Saingi Changi Airport

Angkasa Pura Aviasi akan mengoperasikan Kualanamu di bawah kemitraan strategis 25 tahun dengan skema BOT (build-operate-transfer), dimana pada akhir kerjasama seluruh aset akan diserahterimakan kembali kepada Angkasa Pura II.

Pengamat Penerbangan Nasional Suharto Abdul Majid mengatakan, kerja sama ini akan mendorong Bandara Kualanamu sebagai salah satu pusat distribusi rantai pasok global di kawasan Asia.

Baca Juga: Penjelasan AP II soal Kabar Jual Bandara Kualanamu ke Perusahaan India

Dia menilai selama ini hub di kawasan Asia Selatan menuju Asia Utara hanya tergantung pada Changi Airport di Singapura dan Kuala Lumpur International Airport (KLIA) di Malaysia.

"Ini menjadi hub yang strategis dan bisa menghubungkan penerbangan internasional. Melalui kerja sama dengan partner yang memiliki reputasi dan pengalaman pengelolaan bandara secara internasional serta jaringan bandara yang dikelola oleh GMR dan ADP maka bandara Kualanamu bisa dilirik maskapai lain artinya bisa menjadi hub strategis dan menyaingi Changi," kata dia, Selasa (7/12/2021).

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini