6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Rp3 Juta

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 622 2513103 6-cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga-dengan-gaji-rp3-juta-BtR61KVuX2.jpeg Tips mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji Rp3 juta (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji Rp3 juta perlu dicermati. Dengan nominal tersebut, pengeluaran harus dilakukan secara hati-hati agar di kemudian hari tidak perlu berutang.

Setidaknya ada 6 langkah sederhana yang dapat dilakukan agar gaji Rp3 juta cukup untuk sebulan. Dirangkum pada Selasa (7/12/2021), simak langkah-langkahnya berikut ini.

Baca Juga: Prioritas Keuangan bagi Pasangan Muda, Investasi atau Dana Darurat Dulu?

1. Gajian langsung sisihkan

Menabung yang benar dilakukan saat gaji baru berada di tangan. Hal ini dilakukan agar alasan tidak ada uang untuk ditabung bisa terhindarkan.

Baca Juga: 3 Trik Menjadi Wanita Mandiri Finansial Sebelum Usia 40 Tahun

2. Terapkan metode keuangan tertentu

Metode keuangan yang saat ini populer adalah 50:30:20. Artinya, 50% digunakan untuk memenuhi kebutuhan, 30% untuk menabung, dan 20% untuk memenuhi keinginan. Metode seperti ini diterapkan agar Anda mengetahui ke mana saja uang telah digunakan.

3. Catat setiap pengeluaran

Cara lain untuk menelusuri kemana perginya uang adalah dengan mencatatnya. Jika tidak ingin berkutat dengan catatan manual, kini telah banyak tersedia aplikasi pencatat pengeluaran yang dapat diunduh di ponsel pintar.

4. Sediakan dana darurat

Dana darurat diperlukan agar jika ada kebutuhan mendesak, Anda tidak perlu panik berlebihan dan berakhir meminjam uang kepada orang lain bahkan platform pinjaman online yang rawan risiko.

5. Berhemat

Cara ini mungkin terdengar klise. Namun, menerapkan gaya hidup hemat dapat menolong pengeluaran agar lebih terkontrol.

6. Cari penghasilan tambahan

Jika gaji Rp3 juta terasa tidak cukup untuk memenuhi tuntutan kebutuhan hidup yang kian meningkat, carilah penghasilan tambahan dengan melakukan pekerjaan sampingan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini