Share

Senang Investasi Luar Jawa Lebih Tinggi, Jokowi: Bukti Infrastruktur Merata di RI

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 320 2513712 senang-investasi-luar-jawa-lebih-tinggi-jokowi-bukti-infrastruktur-merata-di-ri-0apCm558Sn.png Jokowi Senang Investasi di Luar Jawa Lebih Tinggi (Foto: Youtube Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) senang dan bersyukur investasi di luar Jawa lebih tinggi dibandingkan investasi di Jawa. Hal ini menandakan keberhasilan pembangunan infrastruktur yang merata.

“Kita patut bersyukur angka investasi tahun ini di luar Jawa semakin meningkat dan lebih tinggi dibandingkan Jawa. Dan peningkatan investasi di luar Jawa ini tidak lepas dari upaya kita dalam menyiapkan infrastruktur secara merata di seluruh penjuru tanah air,” ujar Jokowi saat meresmikan Bandara Tebelian di Sintang, Rabu (8/12/2021).

Baca Juga: Investasi Luar Jawa Lebih Tinggi, Jokowi: Sudah Mulai Indonesia Sentris

Jokowi mengatakan bahwa pemerintah dalam membangun infrastruktur tidak hanya berpusat di Jawa tapi Indonesia sentris. Jokowi yakin dengan adanya dukungan infrastruktur akan mempercepat pertumbuhan di daerah-daerah luar Jawa.

“Karena kita percaya daerah-daerah di luar Jawa bisa tumbuh dengan cepat jika didukung oleh infrastruktur, konektivitas dan transportasi yang memadai. Sehingga produksi akan meningkat, distribusi akan lancar, menjangkau pasar yang semakin besar ,semakin luas dan menekan waktu serta biaya. Sehingga biaya logistik menjadi semakin efisien dan semakin kompetitif,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi juga telah mengatakan bahwa porsi investasi di luar Jawa saat ini lebih tinggi dibandingkan Jawa. Dia mengatakan kondisi tersebut merupakan hal yang sangat baik.

Pasalnya kondisi ini menggambarkan bahwa pembangunan di tanah air sudah mengarah ke Indonesia sentris.

“Sekarang ini posisi investasi di Jawa dan luar Jawa itu sekarang menjadi sudah lebih banyak di luar Jawa. Ini sangat baik sekali. Di Jawa 48%, di luar Jawa sudah 52%. Ini sangat baik sekali. Artinya tidak Jawa sentris, tapi sudah mulai ke Indonesia sentris. Ini yang akan terus kita dorong,” saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Tahun 2021, Jumat (3/12/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini