Share

Sandiaga Uno: Pentingnya Perempuan dalam Kebangkitan UMKM Indonesia

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Sabtu 11 Desember 2021 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 11 320 2515572 sandiaga-uno-pentingnya-perempuan-dalam-kebangkitan-umkm-indonesia-d8OY1b79sH.jpg Menparekraf Sandiaga Uno ungkap peran penting perempuan dalam UMKM (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA - Perempuan memiliki peranan penting dalam upaya membangkitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Hal ini diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Menparekraf Sandiaga dalam sambutannya di webinar entrepreneurship dengan tema "Peningkatan Pemberdayaan Perempuan Dalam Kewirausahaan", dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2021, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, 8 Desember 2021, menjelaskan bahwa sebanyak 65 juta UMKM memberikan kontribusi sebesar 61% perekonomian nasional, dan 64% pelaku UMKM di indonesia adalah perempuan.

Baca Juga: Erick Thohir Ingin Sarinah Jadi Pusat UMKM dan Budaya

"Bangkitnya perekonomian nasional adalah bangkitnya UMKM, serta bangkitnya perempuan Indonesia yang berdaya khususnya pada bidang ekonomi sebagai pelaku usaha UMKM, yang memiliki peranan sangat penting bagi ketahanan ekonomi keluarga juga bagi negara," kata Sandiaga, Sabtu (11/12/2021).

Oleh karena itu, peningkatan kemampuan atau upskilling bidang kewirausahaan di kalangan perempuan perlu ditingkatkan. Sebab, menurut Sandiaga, hal tersebut akan menjadi bekal dalam menyambut bangkitnya perekonomian nasional pascapandemi COVID-19 yang mengandalkan dari UMKM.

Baca Juga: Menko Airlangga: Pelajaran UMKM Dapat Dilihat dari Jepang dan Korsel

Lebih lanjut, Sandiaga menyampaikan bahwa pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan merupakan isu lintas sektor, sehingga memerlukan kolaborasi lintas dan multisektor. Sehingga penyelenggaraan webinar entrepreneurship ini merupakan wujud dari strategi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi di tengah pandemi Covid-19.

Penyelenggaraan webinar entrepreneurship dengan tema "Peningkatan Pemberdayaan Perempuan Dalam Kewirausahaan", dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2021 akan dilaksanakan selama tiga hari ke depan, mulai dari tanggal 8 sampai dengan 10 Desember 2021, dan terbuka untuk umum dengan 1.000 kuota.

"Tanggal 22 Desember diperingati setiap tahun sebagai ‘Hari Ibu', dengan berbagai kegiatan. Pada peringatan Hari Ibu tahun ini, salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh ikatan PIMTI Madya Perempuan Indonesia. Sebagai tuan rumah penyelenggaraan, Kemenparekraf memberikan apresiasi yang tinggi, atas inisiatif ibu-ibu PIMTI Madya Perempuan Indonesia dalam mendukung peningkatan SDM perempuan," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Kemenparekraf/ Sekretaris Utama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani, menyampaikan bahwa webinar kewirausahaan bagi perempuan ini bertujuan guna mendukung pembangunan nasional, yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing.

"Peran perempuan sangat penting dan strategis dalam mendukung pembangunan nasional, oleh karena itu webinar ini mendukung optimalisasi pemberdayaan perempuan," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini